Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan melakukan tendangan pinalti ke gawang Timnas Filipina di ajang SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU)

Bolatimes.com - Beda nasib dialami Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh usai meraih medali perunggu SEA Games 2021 bersama Timnas Indonesia U-23. Marselino kembali dipercaya Shin Tae-yong masuk skuat senior, sementara Ronaldo ikut timnas U-19 di Turnamen Toulon, Prancis.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan Marselino ikut serta tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 8-14 Juni 2022. Sama seperti Ronaldo, Marselino juga masih sangat muda yaitu 17 tahun.

Usut punya usut, ini alasan Shin Tae-yong memanggil Marselino Ferdinan di skuat timnas senior. Ia menilai pemain Persebaya Surabaya itu menunjukkan performa baik sehingga bisa bersaing dengan pemain senior.

Baca Juga:
Ditantang Skuad Garuda, Timnas Bangladesh Terbang ke Indonesia Siap Tempur

"Ronaldo susah bersaing di senior, daripada tidak dapat kesempatan bermain lebih baik bermain di Toulon. Begitu dia main di sana akan dapat pengalaman baru," kata Shin Tae-yong, dilansir dari Suara.com.

"Untuk Marselino, walau masih kurang fisiknya, dia masih bisa melawan dan menunjukkan performa yang baik," terangnya.

Shin Tae-yong sendiri tidak bisa mendampingi Timnas Indonesia U-19 yang akan turun di turnamen Toulon. Ia sibuk mendampingi Timnas Indonesia senior.

Baca Juga:
4 Pemain Kuwait yang Bisa Jadi Ancaman Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Turnamen Toulon 2022 rencananya akan berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2022 di Prancis. Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela.

Selain untuk Turnamen Toulon, Timnas Indonesia U-19 juga dipersiapkan PSSI jelang menghadapi Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Shin Tae-yong menyerahkan sementara Timnas U-19 kepada asistennya Dzenan Radoncic dan Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti.

"Saat uji coba Timnas U-19 lawan Persita kemarin saya nonton langsung ke lapangan, performa pemain seperti apa, permainan mereka juga sudah semakin bagus setelah TC ke Korsel, fisik juga sudah meningkat, ada laporan dari staf di U-19 setiap harinya," pungkas Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Kemungkinan Coret 3 Pemain

Load More