Husna Rahmayunita
Pertandingan leg kedua Timnas Taiwan vs Timnas Indonesia pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia harus memenuhi sejumlah syarat di fase kualifikasi untuk bisa melaju hingga putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 tentu saja membutuhkan hasil positif saat bersaing dengan Nepal, Yordania, dan Kuwait.

Untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023, timnas Indonesia harus menjadi juara Grup A, atau minimal lolos lewat jalur lima runner-up terbaik.

Oleh karena itu, tak ada alasan lain bagi skuad Merah Putih untuk tak meraih hasil maksimal ketika berjumpa Nepal, Yordania, dan Kuwait. 

Menurut jadwal, timnas Indonesia akan pertama kali berjumpa Kuwait pada Rabu (8/6/2022). Setelah itu, skuad Garuda menantang Yordania pada Minggu (12/6/2022), dan terakhir menghadapi Nepal pada Rabu (15/6/2022).

Secara hitung-hitungan, Kuwait dan Yordania memang menjadi lawan yang lebih sulit untuk dihadapi timnas Indonesia ketimbang Nepal.

Meskipun demikian, ketiga kontestan ini lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 secara langsung, berbeda dengan Indonesia yang harus melalui babak play-off.

Sejauh ini, sudah ada 13 tim yang dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka adalah China, Australia, Iran, Irak, Jepang, Korea Selatan, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Artinya, masih ada 11 tiket yang tersisa yang akan diperebutkan oleh 24 tim yang saat ini akan bersaing di fase ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebanyak 11 tiket ini akan diberikan kepada enam tim yang mampu menjadi juara grup, sedangkan lima tiket lainnya menjadi milik runner-up terbaik. Dua jalur itu menjadi jalan terbaik bagi timnas Indonesia untuk bisa tampil di putaran final Piala Asia 2023.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More