Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat. [Instagram/hasaniabdulghani]

Bolatimes.com - Tiga pemain keturunan yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama dipastikan masuk rencana Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Hal itu dikonfirmasi oleh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong berharap proses naturalisasi tiga pemain keturunan segera rampung sehingga mereka bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia yang akan digelar pada 8-14 Juni mendatang.

"Mereka ada dalam 'plan' A saya. Saya minta tolong kepada pemerintah untuk mempercepat naturalisasi mereka," ujarnya, Kamis(26/5/2022).

Dia mengaku telah menyampaikan program terkait pemain naturalisasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Menpora dan Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa mereka membantu agar naturalisasi itu dipercepat," kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama merupakan pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah.

Sandy dan Jordi sudah menuntaskan beberapa agenda naturalisasi di Jakarta pekan lalu seperti mengurus beberapa hal kedutaan besar negara asal mereka di Indonesia, melakukan tes kesehatan dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara.

Sementara Shayne Pattynama dijadwalkan tiba di Indonesia pada minggu ini.

Meski masuk dalam rencana A, Shin Tae-yong menekankan bahwa dia tetap siap dengan kemungkinan lain yaitu tidak bisa membawa pemain naturalisasi tersebut ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Andai mereka tidak bergabung ke tim, kami tetap menyiapkan skuad dengan maksimal," tutur Shin Tae-yong.

Adapun Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal. Keempat tim akan bertanding demi memperebutkan tiket lolos Piala Asia 2023, demikian dimuat Antara.

Load More