Rauhanda Riyantama
Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia baik kelompok umur maupun senior belum memberi raihan positif sejak diasuh Shin Tae-yong, meski begitu para pemain muda diberi kepercayaan penuh untuk bermain.

Setidaknya terdapat lima pemain timnas Indonesia yang paling sering dimainkan Shin Tae-yong atau mendapatkan kepercayaan untuk tampil.

Baik sejak turnamen Piala AFF 2020 maupun SEA Games 2021, meskipun belum memberi trofi juara namun progres dalam permainan ditunjukkan.

Baca Juga:
Komposisi Skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 Dibocorkan Shin Tae-yong

Apalagi oleh beberapa pemain berikut ini, kelima-limanya bahkan menjadi pemain andalan di setiap klub masing-masing, salah satunya di luar negeri.

Berikut lima pemain yang paling sering bermain untuk timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong.

1. Fachruddin Aryanto

Baca Juga:
PSIS Semarang Tertarik Datangkan Ernando Ari usai Tampil Cemerlang di SEA Games 2021

Pemain senior Timnas Indonesia U-23, Fachruddin Aryanto saat berhadapan dengan penggawa Pohang Steelers dalam pertandingan uji coba. (Dok. PSSI)

Namanya mencuat sejak tampil impresif di kompetisi domestik, Fachruddin Aryanto bahkan sosok yang juga diandalkan mendiang Alfred Riedl.

Sejak timnas Indonesia ditukangi Shin Tae-yong, Fachruddin berhasil mencatatkan 18 penampilan bersama timnas Indonesia.

2. Ricky Kambuaya

Baca Juga:
Deretan Pemain Afrika yang Pernah Menangi Liga Italia, Terbaru Franck Kessie

Namanya mencuat sejak timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020, namun siapa sangka Rikcy Kambuaya sudah mencatatkan 19 pertandingan untuk timnas.

Penampilan moncer bersama Persebaya Surabaya di musim lalu jadi kunci kepercayaan Shin Tae-yong, karena itu juga Ricky sukses menbuat Persib Bandung kepincut dan merekrutnya.

3. Alfeandra Dewangga

Baca Juga:
Jelang Kualifikasi Piala Asia 2023, Bek Malaysia Abaikan Catatan Buruk Lawan Timnas Indonesia

Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bermain untuk PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga sebenarnya juga termasuk nama yang digadang-gadang bakal segera hijrah ke luar negeri.

Bakat dan kualitasnya membuat Alfeandra dipercaya Shin Tae-yong untuk turun sebanyak 19 penampilan bersama timnas Indonesia.

4. Asnawi Mangkualam

Menjadi salah satu pemain andalan dan bahkan posisinya sulit tergantikan pemain lain, Asnawi sudah mencatat 22 penampilan untuk timnas.

Bahkan 16 kali di antaranya dilakukan untuk timnas Indonesia senior, padahal usianya masih sangat muda dan dirasa belum saatnya.

5. Rachmat Irianto

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Sosok yang dinilai pantas menjadi leader di atas lapangan para pemain timnas Indonesia, pemain anyar Persib Bandung ini memiliki 23 laga bersama timnas Indonesia.

Meski begitu, di laga semifinal SEA Games 2021 ia sempat melakukan hal tak terpuji hingga membuatnya diganjar kartu merah.

Shin Tae-yong pun tak bisa terima hal itu meski mencoba meredam emosinya yang meluap akibat ulah dan sikap Rahmat.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More