Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Selesai sudah perjuangan Timnas Indonesia U-23 arahan Shin Tae-yong di pentas SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.

Meski gagal meraih medali emas yang sudah jadi target sejak awal, skuad 'Garuda Muda' masih bisa pulang dengan kepala tegak usai meraih medali perunggu.

Medali perunggu didapatkan setelah mengalahkan Malaysia pada Minggu (22/5), lewat adu tendangan penalti. Ini jelas hasil yang mengecewakan, tapi tetap perlu diapresiasi.

Baca Juga:
Ketum PSSI Janjikan Bonus Rp 250 Juta untuk Timnas Indonesia U-23, Warganet Desak Bangun Training Center

Shin Tae-yong sendiri tidak bisa larut terlalu lama dengan hasil yang mengecewakan ini, pasalnya masih ada sederet agenda penting menantinya.

Shin dan rombongan Timnas Indonesia U-23 sendiri sudah kembali ke Tanah Air sejak Senin, (23/5) kemarin. Shin sudah harus mempersiapkan tim untuk agenda selanjutnya.

Terdekat, Shin Tae-yong bakal mempersiapkan Timnas Indonesia untuk melakoni laga uji coba dengan Bangladesh pada FIFA Matchday di Bandung, 1 Juni 2022.

Baca Juga:
Dapat Kepercayaan Shin Tae-yong, Ronaldo Kwateh Akui Masih Banyak Kekurangan

Laga uji coba melawan Bangladesh ini sendiri bakal menjadi pemanasan buat skuad 'Merah Putih' sebelum mengarungi putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Tugas berat bakal diemban oleh Timnas Indonesia dengan menghadapi Kuwait, Yordania, dan Nepal pada 8 hingga 14 Juni 2022.

Keempat tim ini nantinya bakal berebut tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Bareng Sang Kekasih, Sandy Walsh Asyik Nongkrong di Warkop

Dengan waktu persiapan yang sangat mepet ini, Shin Tae-yong sudah memastikan bahwa mayoritas pemain yang bakal dibawa ke Kualifikasi Piala Asia adalah alumnus SEA Games 2021.

Sejumlah pemain timnas U-23 di SEA Games 2021 sebenarnya berstatus tulang punggung Timnas Indonesia. Mulai dari pemain-pemain muda semodel Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam hingga para pemain senior seperti Ricky Kambuaya.

Namun, untuk pembenahan dan mendapatkan hasil maksimal, Shin Tae-yong bisa mencoba melakukan beberapa perombakan.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Berpotensi Bersinar di Turnamen Toulon 2022

Di antaranya dengan membawa pemain-pemain baru, khususnya di posisi penyerang. Masih ada beberapa pemain berkualitas di posisi ini seperti Samsul Arif hingga Ilija Spasojevic.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More