Husna Rahmayunita
c, Muhammad Azam dalam laga perebutan medali perunggu sepakbola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022) sore WIB. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 sukses menyabet medali perunggu SEA Games 2021 seusai mempecundangi Malaysia lewat adu penalti pada pertandingan yang digelar di Stadion May Dinh, Hanoi, Minggu (22/5/2022).

Skor imbang 1-1 hingga waktu normal, membuat Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia harus melewati drama tos-tosan. Beruntung, Ronaldo Kwateh Cs berhasil unggul.

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama, timnas Indonesia dan Malaysia sama-sama berusaha untuk bisa mencetak poin namun belum mampu membobol gawang.

Timnas Indonesia U-23 sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Ronaldo Kwateh pada menit ke-69. Unggul satu gol, timnas Indonesia U-23 berusaha untuk bisa mempertahankan keunggulan.

Di akhir babak kedua, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hadi Fayyadh berhasil bobol gawang Ernando Ari pada menit ke-81. Hingga waktu normal, kedua tim tidak mampu menambah gol.

Laga pun berlanjut pada pada babak adu penalti. Penendang pertama kedua tim sama-sama tidak bisa mencetak poin. Sepakan dari pemain Malaysia berhasil diantisipasi oleh Ernando Ari.

Sayangnya Asnawi Mangkualam yang jadi algojo pertama Indonesia tak bisa jaringkan bola. Sepakan Asnawi malah membentur tiang gawang.

Ernando Ari jadi pahlawan setelah sepakan ketiga pemain Malaysia yang diambil oleh Luqman Hakim berhasil kembali digagalkan. Indonesia mengunci medali perunggu setelah sepakan Marc Klok sukses bobol gawang Malaysia.

Hasil ini membuat pelatih Shin Tae-yong sukses menyamai catatan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Luis Milla saat mempersembahkan medali perunggu di SEA Games 2017.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 XI: Ernando Ari, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Marc Klok, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Ronaldo Kwateh, Irfan Jauhari

Cadangan: Adi Satrio, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ridwan, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu.

Pelatih: Shin Tae-yong 

(SuaraBekaci/Galih Prasetyo)

Load More