Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-23 usai menjebol gawang Indonesia. (Instagram/Changsuek)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan 0-1 dari Thailand dalam pertandingan semifinal SEA Games 2021. Weerathep Pomphun menjadi pahlawan kemenangan tim Gajah Putih.

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Thailand dalam semifinal cabang olahraga sepakbola SEA Games 2021 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022) sore WIB. Hasil 0-0 hingga babak kedua, memaksa pertandingan dilanjutkan ke extra time.

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Thailand sudah sengit sejak dimulai. Skuad Garuda Muda bermain cukup bagus di babak pertama.

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan mampu mengurung pertahanan Thailand, terutama sampai menit ke-20. Sayangnya, tidak banyak peluang berbahaya yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah gol.

Sementara Thailand lebih banyak bermain menunggu. Serangan balik yang dibuat oleh tim besutan Alexandre Polking cukup berbahaya meski bisa diantisipasi oleh pemain-pemain Timnas Indonesia U-23.

Thailand mulai memberikan tekanan selepas menit ke-30. Serangan terutama dari sisi sayap banyak dilakukan tim Gajah Putih, meski sulit ditembus.

Timnas Indonesia U-23 mendapat peluang berbahaya pada menit ke-37. Tendangan bebas Egy Maulana Vikri tidak bisa disundul dengan baik oleh Rachmat Irianto.

Percobaan terus dilakukan kedua tim. Namun, hingga turun minum skor 0-0 tidak mengalami perubahan.

Di babak kedua, Thailand tampil lebih agresif. Sejak dimulainya babak kedua, Thailand langsung menekan pertahanan skuad Garuda Muda --julukan Timnas Indonesia U-23.

Beberapa peluang berbahaya didapat tim Gajah Perang. Untungnya, cukup sulit bola masuk kedalam gawang Timnas Indonesia U-23 karena kokohnya pertahanan.

Masuknya Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu di menit 63 babak kedua cukup memberikan warna baru. Timnas Indonesia U-23 mulai bisa keluar menyerang meski masih dalam tekanan.

Timnas Indonesia U-23 melakukan gempuran pada menit ke-79. Kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan bermain sangat cantik dengan menepis tendangan-tendangan pemain skuad Garuda Muda.

Masih belum ada gol sampai dengan menit ke-80 pertandingan. Timnas Indonesia U-23 atau Thailand masih sama-sama mencoba bongkar pertahanan untuk mencetak gol.

Tidak ada gol hingga peluit tanda waktu normal berakhirnya pertandingan dibunyikan. Kedua tim masih bermain imbang 0-0, dilanjut ke extra time.

Sayangnya, di babak extra time, gawang Ernando Ari harus jebol oleh sepakan deras Weerathep Pomphun pada menit ke-94. Gol itu bertahan hingga laga usai. Garuda Muda pun gagal ke final.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marselino Ferdinan (Syahrian Abimanyu 63'), Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman (Saddil Ramdani 63'), Irfan Jauhari (Muhammad Ridwan 89'), Egy Maulana Vikri (Ronaldo Kwateh 89').

Pelatih: Shin Tae-yong.

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Nakin Wisetchat, Jonatan Khemdee, Chonnapat Buaphan, Airfan Doloh; Worachit Kanitsribumphen, Benjamin James Davis, Weerathep Pomphun; Chapipat Supanpasuch, Korawich Tasa, Ekanit Panya.

Pelatih: Alexandre Polking.

Load More