Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Thailand U-223, Patrik Gustavsson, di SEA Games 2021. (Dok. FA Thailand)

Bolatimes.com - Mengenal Patrik Gustavsson, penyerang muda keturunan Swedia yang membela Thailand di cabor sepak bola putra SEA Games 2021.

Duel klasik antara dua kiblat sepak bola Asia Tenggara akan tersaji kala Thailand U-23 bertemu Timnas Indonesia U-23 di semifinal sepak bola putra SEA Games 2021, Kamis (19/5).

Duel ini seakan menjadi duel ulangan final Piala AFF 2020 lalu, di mana kedua tim dilatih oleh pelatih yang sama dan materi pemain yang sebagian sama pula.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Thailand U-23 vs Indonesia, Andalkan Striker Swedia

Thailand arahan Alexandre Polking mengandalkan beberapa pemain senior Piala AFF 2020 lalu dengan kombinasi pemain muda berpengalaman.

Hampir serupa, Timnas Indonesia U-23 arahan Shin Tae-yong juga mengandalkan pemain senior dan pemain muda jebolan Piala AFF 2020 lalu.

Sehingga, bisa dikatakan kedua tim ini saling mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing lawan jelang semifinal SEA Games 2021 nanti.

Baca Juga:
Alternatif Formasi Timnas Indonesia U-23 Tanpa Asnawi Mangkualam di Semifinal SEA Games 2021, Pakai 3 Bek

Hanya saja, Timnas Indonesia U-23 dan Shin Tae-yong wajib mewaspadai satu sosok dari Thailand, yakni sang penyerang Patrik Gustavsson.

Bisa dikatakan, semifinal SEA Games 2021 nanti akan menjadi pertemuan perdana Timnas Indonesia U-23 dengan penyerang keturunan Swedia tersebut.

Di SEA Games 2021 sejauh ini, Gustavsson mampu mencuri perhatian dengan lesakkan tiga golnya yang membawanya menjadi top skor sementara bersama Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Baca Juga:
Jelang Bentrok di Final Liga Europa, Ini Rekor Pertemuan Eintracht Frankfurt vs Rangers

Lantas, siapakah sosok Patrik Gustavsson tersebut? Berikut profilnya.

Profil Patrik Gustavsson

Patrik Gustavsson merupakan penyerang andalan Thailand U-23 kelahiran Atvidaberg, Swedia, pada 19 April 2001 atau 21 tahun silam.

Baca Juga:
Tabuh Genderang Perang, Thailand Sebut Punya Taktik Khusus Tundukkan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal SEA Games 2021

Gustavsson sendiri lahir dan tumbuh besar di Swedia. Di negara inilah, dirinya menimba ilmu sepak bola di Oxelosunds IK dan Atvidabergs FF.

Hingga akhirnya, Gustavsson mampu menembus kancah profesional bersama Atvidabergs FF yang bermain di kasta kedua Swedia terhitung sejak 2018 hingga 2021.

Pada tahun 2021, Gustavsson meninggalkan klub tanah kelahirannya itu dan bergabung tim Swedia lainnya, yakni IF Sylvia.

Di klub ini, ketajamannya sebagai seorang penyerang terasah, di mana Gustavsson mampu melesakkan 10 gol dama 29 penampilan bagi IF Sylvia.

Usai dilepas oleh IF Sylvia, Gustavsson memutuskan kembali ke tanah leluhurnya dan melanjutkan kariernya ke Thailand, di mana ia bergabung dengan BG Pathum United pada Januari 2022.

Hanya saja, BG Pathum United tak langsung memasukkannya ke tim utama, dan meminjamkannya ke Chiangmai FC yang bermain di kasta kedua.

Keputusannya ke Thailand pun membukakan jalan Gustavsson tampil di ajang internasional, di mana pada 16 Maret 2022 ia dipanggil ke tim U-23 yang bermain di Dubai Cup.

Debut internasionalnya bersama Thailand U-23 tercipta 10 hari berselang, tepatnya saat Thailand U-23 berhadapan dengan China.

Gustavsson sendiri merupakan tipikal penyerang yang ambisius dan tak pantang menyerah saat bermain. Ia juga dikenal ngotot demi bisa mencetak gol.

Dengan postur 1,87 meter, Gustavsson menjadi mimpi buruk bagi bek-bek Asia Tenggara dalam duel-duel udara.

Posturnya tersebut pun juga membuat Gustavsson mudah dalam berduel dengan lawan, baik dengan atau tanpa bola.

Kontributor: Felix

Load More