Irwan Febri Rialdi
Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Timor Leste di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut alternatif formasi yang bisa dipakai Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2021 kontra Thailand seiring bakal absennya Asnawi Mangkualam.

Timnas Indonesia U-23 diterpa kabar buruk jelang partai menentukan di semifinal SEA Games 2021 kontra Thailand, Kamis (19/5).

Kabar buruk ini berkaitan dengan ketersediaan pemain, di mana Asnawi Mangkualam bakal absen di laga kontra Thailand nanti.

Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu tersebut harus absen akibat akumulasi kartu, setelah dirinya menerima dua kartu kuning di fase grup.

Absennya Asnawi sendiri akan membuat pertahanan Timnas Indonesia U-23 di sisi kanan keropos. Apalagi, pemain penggantinya, Ilham Rio Fahmi, dianggap kurang mumpuni dalam bertahan.

Karenanya, absennya Asnawi diharapkan membuat Shin Tae-yong bisa mencoba memainkan formasi tiga bek sebagai alternatif di laga kontra Thailand.

Formasi tiga bek sendiri bukanlah formasi yang asing bagi Shin Tae-yong dan sebagian besar skuat Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, formasi ini pernah dipakai oleh juru taktik asal Korea Selatan itu di ajang Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong mencoba formasi tersebut saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam di babak grup Piala AFF 2020 lalu.

Hasilnya pun cukup baik. Timnas Indonesia saat itu mampu bermain imbang dengan Vietnam yang diperkuat oleh para pemain terbaiknya.

Terlebih lagi, formasi tiga bek ini akan memberikan keuntungan bagi Rio Fahmi yang diyakini akan diplot sebagai starter untuk mengisi kekosongan Asnawi.

Rio Fahmi merupakan pemain yang bertipe Attacking Minded, sehingga peran Wing Back ini akan memberikan keleluasaan kepadanya untuk bermain lebih menyerang.

Jika nantinya Shin Tae-yong akan menggunakan formasi tiga bek dalam skema 3-4-3, maka berikut gambaran Starting Line Up Timnas Indonesia U-23 di laga kontra Thailand.

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3)

Ernando Ari; Rizky Ridho, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga; Rio Fahmi, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Firza Andhika; Witan Sulaeman, Irfan Jauhari, Egy Maulana Vikri.

Kontributor: Felix

Load More