Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, diprediksi akan menggunakan susunan pemain yang berbeda pada babak semifinal SEA Games 2021.

Pasalnya, dari empat pertandingan yang dilakoni timnas Indonesia U-23 di fase penyisihan Grup A, Shin Tae-yong selalu melakukan perubahan dalam susunan sebelas pemain pertamanya alias starting eleven.

Meskipun demikian, Shin Tae-yong sudah memiliki pakem untuk kerangka timnya. Sebab, ada beberapa posisi yang nyaris tak pernah mengalami perubahan selama di fase grup.

Di bawah mistar gawang, Shin Tae-yong diprediksi akan kembali menurunkan Ernando Ari yang sudah tampil impresif pada tiga laga sebelumnya.

Sementara itu, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho masih tetap akan dipercaya untuk mengawal jantung pertahanan.  Terbukti, dua pemain ini selalu bermain pada empat laga di Grup A.

Selanjutnya, sektor bek kanan akan diisi oleh Rio Fahmi. Sebab, Asnawi Mangkualam diprediksi absen lantaran mendapat hukuman akumulasi kartu kuning.

Adapun pos bek kiri akan ditempati Alfeandra Dewangga. Ia sudah tiga kali menjadi starter selama fase penyisihan grup.

Di lini tengah, dua pemain yang tak pernah sekali pun tergantikan adalah Ricky Kambuaya dan Marc Klok. Mereka selalu tampil pada empat laga di fase penyisihan grup.

Untuk satu gelandang lainnya, Shin Tae-yong memang selalu mengubah komposisi. Duet Kambuaya-Klok selalu dibongkar pasang dengan Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, dan Rachmat Irianto.

Syahrian Abimanyu diprediksi akan menemani duet Kambuaya-Klok di lini tengah saat timnas Indonesia U-23 tampil di semifinal.

Sementara itu, di lini depan, dua pemain yang nyaris selalu dipasang bersamaan ialah Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman untuk mengisi sektor sayap.

Keduanya diprediksi akan kembali turun sebagai starter, sedangkan pos ujung tombak akan ditempati oleh Irfan Jauhari.

Dengan skema ini, skuad Garuda Muda bisa melancarkan skema serangan balik yang cepat karena ketiga penyerangnya punya keunggulan di sektor kecepatan.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 di Semifinal:

Skema (4-3-3): Ernando Ari; Ilham Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More