Rauhanda Riyantama
Striker Rans Cilegon FC, Cristian Gonzales berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Badak Lampung dalam laga Grup B Liga 2 2021 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. [PT Liga Indonesia Baru]

Bolatimes.com - Berikut deretan penyerang uzur yang masih akan merumput dan berjibaku di Liga 1 musim 2022/2023.

Menjelang bergulirnya Liga 1 musim depan, 18 kontestan mempersiapkan timnya dengan baik. Kebanyakan, persiapan yang dilakukan berkaitan dengan pemain.

Para kontestan Liga 1 musim depan memanfaatkan waktu sebelum kompetisi dimulai untuk mendatangkan atau melepas para pemainnya.

Baca Juga:
Jadwal Liga Italia Pekan Ini: AC Milan vs Atalanta, Cagliari vs Inter Milan

Belakangan ini, jagat transfer Liga 1 disibukkan dengan klub-klub yang aktif merekrut pemain-pemain yang dibutuhkan, entah itu pemain asing atau pemain lokal.

Pada umumnya, para klub Liga 1 lebih mengutamakan pemain muda atau pemain yang berada di usia matang untuk didatangkan.

Para pemain muda atau para pemain yang ada di usia matang dianggap punya nilai lebih dan performa yang mumpuni, terutama untuk sektor lini depan.

Baca Juga:
Ngamuk, Momen Erling Haaland Cetak 9 Gol ke Gawang Honduras di Piala Dunia U-20

Meski tim Liga 1 mayoritas mendatangkan pemain muda atau pemain berusia matang untuk lini depannya, beberapa tim masih percaya akan pemain-pemain tua atau uzur.

Para pemain uzur ini dianggap masih cukup bertaji untuk bermain di pentas teratas, kendati usianya sudah melewati batas wajar pemain profesional pada umumnya.

Di Liga 1 musim depan, setidaknya ada empat penyerang uzur yang masih akan berjibaku dan unjuk gigi di pentas teratas.

Baca Juga:
Urus Proses Naturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat Tiba di Indonesia Akhir Pekan Ini

Siapa sajakah pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Cristian Gonzales

Striker Rans Cilegon FC, Cristian Gonzales. (Instagram/@rans.cilegonfc.official)

Bagi penikmat sepak bola Indonesia era 2000 an tentu tak asing dengan nama Cristian Gonzales. Ia merupakan salah satu pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Indonesia.

Baca Juga:
Pesta Gol, Timnas Indonesia U-23 Bantai Filipina 4-0 di SEA Games 2021

Di tahun 2022 ini, pemain berjuluk El Loco ini nyatanya masih aktif bermain di usianya yang kini telah menginjak 45 tahun.

Diketahui, El Loco masih tercatat sebagai pemain RANS Cilegon FC yang musim depan akan berkiprah di Liga 1. Jika nantinya ia tampil, maka ia akan menjadi pemain tertua di sepanjang gelaran Liga 1.

2. Beto Goncalves

Striker Persis Solo, Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persijap Jepara dalam lanjutan Grup C Liga 2 2021 di Stadion Manahan, Selasa (9/11/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Pemain dengan usia di atas kepala empat lainnya yang juga akan unjuk gigi di Liga 1 musim depan adalah Beto Goncalves.

Penyerang naturalisasi kelahiran Brasil ini telah menginjak usia 41 tahun. Meski demikian, ketajamannya tak luntur begitu saja.

Bahkan ia sempat mengguncang panggung Liga 1 musim lalu bersama Madura United dengan mencetak tujuh gol dalam 15 penampilan.

3. Herman Dzumafo

Pemain Bhayangkara FC Herman Dzumafo (ketiga kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Perseru dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (12/9). Bhayangkara berhasil menang dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selain Cristian Gonzales dan Beto Goncalves, masih ada penyerang naturalisasi lainnya yang masih berkiprah di usia di atas kepala empat. Sosok itu adalah Herman Dzumafo.

Pemain yang kini telah berusia 41 tahun itu masih tergolong tajam dan sempat berbicara banyak di pentas Liga 1 musim lalu bersama Bhayangkara FC dengan lesakkan 6 gol dari 13 laga.

Di Liga 1 musim depan, Herman Dzumafo dipercaya akan menjadi bagian dari Bhayangkara FC dan akan melanjutkan kiprahnya sebagai juru gedor tim berjuluk The Guardian itu.

4. Samsul Arif

Samsul Arif resmi bergabung dengan Persis Solo. [Persissolo.id]

Di gerbong pemain lokal, ada pula penyerang asli dalam negeri yang juga telah berusia uzur namun tetap jadi andalan. Sosok itu adalah Samsul Arif.

Penyerang yang kini berusia 37 tahun itu sempat mencuri perhatian di Liga 1 musim lalu usai mencetak 11 gol dari 26 laga bersama Persebaya Surabaya.

Hal inilah yang membuat tim promosi, Persis Solo, kemudian merekrutnya untuk menjadi bagian tim Laskar Sambernyawa di Liga 1 musim depan.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More