Irwan Febri Rialdi
Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Vietnam di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kekalahan yang dialami timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Vietnam pada laga pembuka Grup A SEA Games 2021 membuat skuad Garuda Muda harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke semifinal.

Sebab, perjuangan timnas Indonesia U-23 untuk bisa mendapatkan satu tiket lolos ke semifinal SEA Games 2021 menjadi lebih menantang karena gagal meraih poin pada laga perdana.

Setidaknya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh timnas Indonesia U-23 jika ingin melaju lebih jauh hingga lolos ke fase semifinal SEA Games 2021.

Baca Juga:
Momen Cristiano Ronaldo Tertawa saat Manchester United Dibantai Brighton

Sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Vietnam ketika berjumpa di Stadion Viet Tri, Phu Tho, pada Jumat (6/5/2022).

Secara mengejutkan, skuad asuhan Shin Tae-yong dilumat tiga gol tanpa balas lewat gol-gol yang dicetak Nguyen Tien Linh (54’), Do Hung Dung (74’), dan Le Van Do (87’).

Dengan kekalahan ini, skuad Garuda Muda gagal meraup poin dan harus tergusur hingga peringkat keempat klasemen sementara Grup A.

Baca Juga:
Susunan Pemain Indonesia vs Singapura di Piala Thomas 2022 Hari Ini, Anthony Ginting vs Lon Kean Yew

Indonesia hanya unggul selisih gol dari Timor Leste yang berada di dasar klasemen karena dibabat Filipina empat gol tanpa balas pada laga pertama.

Mempertimbangkan situasi ini, timnas Indonesia U-23 memiliki sejumlah syarat untuk tetap bisa menjaga asa melaju ke fase gugur SEA Games 2021.

Syaratnya, Indonesia harus bisa menyapu bersih tiga pertandingan tersisa di Grup A SEA Games 2021 ketika menghadapi Timor Leste (10/5/2022), Filipina (13/5/2022), dan Myanmar (15/5/2022).

Baca Juga:
Link Live Streaming Piala Thomas dan Uber 2022, Wakil Indonesia Memulai Perjuangan Hari Ini

Meraih kemenangan pada tiga pertandingan tersebut bisa membuat posisi tim asuhan Shin Tae-yong aman di peringkat dua besar Grup A SEA Games 2021.

Dari tiga pertandingan itu, salah satu kemenangan yang wajib dipetik ialah ketika Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berjumpa Filipina pada laga ketiga Grup A.

Pasalnya, Filipina menjadi salah satu kontestan di Grup A yang sudah meraih poin penuh pada laga pertama, yakni setelah menjegal Timor Leste dengan skor 4-0.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Sudah Tiba di Vietnam, Siap Gabung Timnas Indonesia U-23

Dengan kemenangan itu, The Azkals, julukan Filipina, menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A karena unggul selisih gol atas Vietnam.

Filipina bakal menjadi rival terberat skuad Merah Putih untuk memperebutkan satu tiket ke semifinal dengan asumsi bahwa Vietnam sebagai tim terkuat mampu menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Dengan demikian, kemenangan atas Filipina jadi harga mati bagi agar Indonesia mampu perlahan-lahan merangsek naik ke peringkat dua besar.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More