Husna Rahmayunita
Timnas Thailand U-23 di Piala AFF U-23 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 berambisi meraih medali emas di ajang SEA Games 2021. Tetapi, bakal menemui tantangan berat karena menghadapi tiga pesaing yang kuat.

Tiga pesaing terberat yang akan dijumpai timnas Indonesia U-23 ini akan mulai dihadapi sejak melewati fase penyisihan Grup A SEA Games 2021.

Di Grup A SEA Games 2021, timnas Indonesia U-23 akan bersaing dengan empat negara, yakni Myanmar, Timor Leste, Filipina, dan tuan rumah Vietnam.

Keempat lawan itu bakal menjadi ujian pertama skuad Garuda Muda untuk menembus fase gugur SEA Games 2021. Setelah itu, skuad asuhan Shin Tae-yong akan kembali bertemu tantangan yang baru.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah pesaing terberat yang akan dihadapi timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

1. Malaysia U-23

Timnas Malaysia U-23 vs Timor Leste di laga uji coba jelang SEA Games 2021, Jumat (29/4/2022). (Instagram/@famalaysia)

Malaysia menjadi rival terberat pertama yang bakal menjadi pesaing timnas Indonesia U-23 untuk merebut medali emas di SEA Games 2021.

Sebab, skuad Harimau Malaya menjadi salah satu kontestan yang cukup sukses di ajang SEA Games 2021. Mereka punya rekam jejak yang apik.

Sejauh ini, Malaysia sudah berhasil meraih enam medali emas, lima perak, serta tujuh perunggu di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021.

Pada ajang kali ini, skuad Harimau Malaya Muda bakal diasuh oleh seorang juru taktik asal Australia, yakni Brad Maloney.

2. Vietnam U-23

Pemain Timnas Vietnam, Nguyen Hoang Duc (kanan). [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]

Vietnam adalah lawan yang bakal dihadapi skuad timnas Indonesia U-23 sejak mengawali perjuangan di fase penyisihan Grup A SEA Games 2021.

Selain statusnya sebagai tuan rumah, Vietnam juga harus diwaspadai karena menjadi kekuatan yang baru di kawasan Asia Tenggara.

Skuad The Golden Star juga berstatus sebagai jawara bertahan karena mampu merebut medali emas pada SEA Games 2019.

Selain itu, tim asuhan Park Hang-seo juga memiliki awal yang cukup baik setelah menjuarai Piala AFF U-23 2022 beberapa waktu lalu.

3. Thailand U-23

Timnas Thailand U-23 di Piala AFF U-23 2022. (Instagram/@changsuek)

Jika berbicara persaingan di kawasan Asia Tenggara, maka salah satu kontestan yang paling difavoritkan meraih juara ialah Thailand.

Sebab, skuad Gajah Perang jadi salah satu kekuatan sepak bola terkuat di ASEAN. Mereka juga punya rekam jejak mentereng di SEA Games 2021.

Apalagi, pada edisi SEA Games kali ini, mereka bakal membawa beberapa pemain yang tengah berkarier di Eropa.  

Nama-nama yang dimaksud ialah Jonathan Kamdee (Odense Boldklub), Benjamin Davis (Oxford United), hingga Chayapat Supunpasuch (GD Estoril).

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More