Irwan Febri Rialdi
Thomas Doll saat melatih Borussia Dortmund. (Dok Dortmund)

Bolatimes.com - Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putra, mengatakan pihak manajemen membebaskan pelatih anyar Thomas Doll untuk menangani skuat Macan Kemayoran di Liga 1 2022/2023, termasuk soal asisten.

Pelatih asal Jerman itu bakal turut membawa empat asisten. Semua belum tentu dari Jerman, tetapi manajemen Persija memastikan semua pilihan dari Thomas Doll.

"Terkait asisten, tadi Doll menyebut akan membawa empat asisten. Satu asisten teknis, pelatih kiper, pelatih kebugaran, dan juga movement specialist," kata Gansha, dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo Saling Berhadapan di Semifinal Kejuaraan Asia 2022

"Semua belum tentu dari Jerman, tetapi semua adalah pilihannya," imbuhnya.

Namun, mengenai penerjemah, manajemen Persija yang menyiapkan. Ganesha tak menyebutkan nama. Ia hanya memberikan clue bahwa dia adalah eks pemain Persija yang meraih gelar juara Liga Indonesia pada 2001.

"Musim ini salah satu asisten Persija bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan pernah belajar di Birmingham. Profilnya kuat, mantan pemain Persija, alumnus juara Liga Indonesia 2001," ujar Ganesha.

Baca Juga:
Suporter Lantunkan Yel-yel Namanya di Anfield, Ibrahima Konate Terharu

Thomas Doll rencananya bakal bertolak ke Indonesia pada 15 Mei atau lebih cepat dari rencana awal yakni Juni. Ini dilakukan guna menghadapi tes pramusim.

Persija bakal menggunakan jasa Thomas Doll dengan kontrak tiga musim. Doll nantinya juga akan berperan sebagai manajer.

Persija resmi menunjuk Thomas Doll, yang pada tahun 2007-2008 menangani Borussia Dortmund, sebagai juru taktik baru menggantikan Sudirman.

Baca Juga:
Ralf Rangnick Resmi Jadi Pelatih Baru Timnas Austria

Sebelum di Persija, Thomas Doll sudah malang melintang melatih berbagai klub baik di Eropa maupun Asia.

Selain Borussia Dortmund, Doll juga pernah menangani klub-klub seperti Hamburger SV (Jerman), Hannover 96 (Jerman), APOEL Nicosia (Siprus), Glencerbirligi Ankara (Turki), Al-Hilal (Arab Saudi) dan Ferencvarosi TC (Hungaria).

Saat bekerja di Ferencvarosi, Doll membawa timnya mengoleksi beberapa trofi juara seperti tiga Piala Hungaria dan sekali juara Liga Hungaria.

Baca Juga:
3 Pemain Persib Bandung Lolos ke SEA Games 2021, Ada Marc Klok

Sebagai pemain, Doll pernah memperkuat tim-tim dari liga ternama Eropa misalnya Lazio, Eintracht Frankfurt, dan Hamburger SV.

Load More