Rauhanda Riyantama
Saddil Ramdani. (Instagram/@officialsabahfc)

Bolatimes.com - Saddil Ramdani akhirnya diizinkan klubnya Sabah FC untuk membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Meski demikian, winger lincar 23 tahun tersebut tak akan sepenuhnya tampil membela skuat Garuda Muda.

Kepastian Sabah FC melepas Saddil Ramdani ke Timnas Indonesia U-23 muncul setelah PSSI mengirim surat ke Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dengan tembusan ke Sabah FC.

Hal itu dilakukan karena di Liga Super Malaysia ada jeda kompetisi sehingga memungkinkan untuk membawa Saddil ke Vietnam.

Baca Juga:
Hasil BAC 2022: Fadia/Ribka dan Pram/Yere Kompak ke Perempat Final

Namun, keberadaan Saddil di Timnas Indonesia U-23 ada jedanya. Sang pemain harus kembali ke Kinabalu, Sabah, tanggal 10 Mei karena tim itu akan bermain di FA Cup dan Liga Super Malaysia melawan Penang FC pada 17 Mei.

Setelah itu, Sabah FC akan kembali melepas Saddil mulai 18 Mei hingga 15 Juni. Artinya Saddil akan melewati laga fase Grup A melawan Timor Leste (10/5), Filipina (13/5), dam Myanmar (15/5).

Andai tim U-23 Indonesia masuk semifinal, Saddil bisa kembali lagi membela tim. Sebab babak semifinal akan digelar pada Kamis 19 Mei. Kemudian perebutan medali emas, perak, dan perunggu akan digelar pada Minggu 22 Mei.

Baca Juga:
Prediksi 20 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Bakal Dibawa Shin Tae-yong ke SEA Games 2021

Sebagai informasi, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan pelatih Shin Tae-yong juga ikut membantu dengan berkomunikasi dengan pelatih Sabah FC, Ong Kim Swee.

Mantan pelatih timnas Malaysia itu akhirnya mengerti dan melepas Saddil. Selain itu, Presiden Sabah FC YB Datuk Seri Panglima Bung Moktar Bin Radin pun juga sudah setuju.

"Terima kasih kepada Presiden Sabah FC Datuk Seri Bung Mokhtar Radin yang telah mengizinkan Saddil untuk memperkuat tim U-23 Indonesia. Sekali lagi terima kasih atas kerja samanya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam rilis yang diterima Suara.com, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga:
Shin Tae-yong Soroti Mental Timnas Indonesia U-23 Jelang SEA Games 2021

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Sabah FC yang mau mengerti bahwa tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh tim Indonesia, khususnya saat melawan Vietnam di laga pembuka pada Jumat 6," imbuh Iriawan.

Menurut Iriawan, tenaga Saddil sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong, khususnya untuk menyisir sisi kiri pertahanan lawan. Selama bermain di Sabah FC, Saddil tampil konsisten sehingga membawa tim yang berada di Pulau Kalimantan itu bisa tampil apik di Liga Super Malaysia.

Baca Juga:
Jelang SEA Games 2021, Keisuke Honda Pimpin Latihan Timnas Kamboja U-23

Load More