Irwan Febri Rialdi
Hanif Sjahbandi (kiri) saat memperkuat Arema FC. [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Bolatimes.com - Berikut lima pemain Indonesia yang ternyata merupakan jebolan Manchester United, di mana salah satunya merupakan pemain keturunan.

Manchester United merupakan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia. Banyak pesepak bola dari berbagai negara bermimpi bisa membela klub berjuluk The Red Devils itu.

Segala cara pun ditempuh demi bisa tampil di stadion keramat milik Man United, Old Trafford. Sebagian ada yang berhasil, sebagian pula ada yang gagal.

Baca Juga:
Syarat Real Madrid Juarai Liga Spanyol usai Barcelona Keok

Siapa sangka, beberapa yang berhasil ternyata berasal dari Indonesia, di mana para pemain tersebut pernah mencicipi rumput Old Trafford dan menimba ilmu di Man United.

Umumnya, beberapa pemain asal Indonesia ini berhasil ke Old Trafford dan menimba ilmu di Man United usai mengikuti program Manchester United Soccer School.

Program ini merupakan program marketing dari pihak Man United yang digelar di 90 negara, termasuk di Indonesia.

Baca Juga:
Demi Kalahkan Indonesia di SEA Games, Timnas Myanmar U-23 Gelar TC di UEA

Lewat program ini, ada beberapa pemain asal Tanah Air yang bisa merasakan bermain di stadion sekelas Old Trafford yang pernah dihuni banyak bintang.

Kira-kira, siapa saja pemain Indonesia yang ternyata jebolan Man United?

1. Septian Satria Bagaskara

Baca Juga:
Cucunya Diminta Bela Timnas Indonesia, Nenek Jordi Amat Banjir Air Mata

Nama Septian Satria Bagaskara mungkin tak terlalu familier bagi para penikmat sepak bola Tanah Air. Namun, pemain yang berposisi penyerang ini merupakan salah satu andalan tim Liga 1, Persik Kediri.

Septian bermain untuk Persik Kediri pada gelaran Liga 1 musim lalu, di mana dirinya mampu mencetak dua gol dari 15 pertandingan.

Di balik kecemerlangannya dalam bermain, Septian ternyata dulunya merupakan jebolan Manchester United Soccer School pada Angkatan 2015.

Baca Juga:
3 Klub ASEAN Hajar Klub Korsel di Liga Champions Asia, Tanda Indonesia Semakin Tertinggal?

2. Hanif Sjahbandi

Pemain anyar milik Persija Jakarta, Hanif Sjahbandi juga merupakan jebolan Manchester United Soccer School pada 2009.

Saat itu, Hanif lolos ke tahap selanjutnya dan berkesempatan tampil di Old Trafford serta menimba ilmu di Man United selama dua pekan.

Berkat ilmu yang didapat itu, pemain berusia 24 tahun ini menjadi andalan bagi Arema FC di Liga 1 musim lalu, hingga Persija pun merekrutnya untuk kompetisi 2022-2023 mendatang.

3. Wildan Ramdhani

Nama Wildan Ramdhani merupakan pemain muda yang tercatat sebagai pemain bagian dari Persib Bandung.

Hanya saja, pemain berusia 23 tahun ini dipinjamkan ke Bandung United pada Liga 2 pada 2019 lalu. Saat ini, dirinya pun kembali berseragam Maung Bandung.

Dalam kariernya, Wildan ternyata pernah menimba ilmu di Manchester United. Hanya saja, dirinya sekadar berlatih, bukan masuk ke akademi Setan Merah.

4. Viddy Adam

Pada 2016 silam, jagat sepak bola Indonesia sempat dikejutkan dengan kemunculan Viddy Adam yang mendapat undangan trial bersama Man United.

Saat itu, Viddy Adam menjalani trial bersama Man United U-15. Sebagai informasi, dirinya merupakan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Namun usai trial tersebut, namanya hilang bak ditelan bumi. Tak ada kabar terbaru tentang dirinya tersebut.

5. Jack Brown

Nama Jack Brown melejit sebagai salah satu pemain keturunan terbaik yang dimiliki Indonesia sejauh ini.

Pemain keturunan Inggris ini dulunya sempat menggegerkan Indonesia, usai memenangkan The World Final Skill Test yang diselenggarakan Manchester United Soccer School pada 2012 silam. Dalam tes tersebut, Jack Brown menjadi yang terbaik.

Kini, karier Jack Brown sempat meredup akibat cedera parah yang menimpanya. Tercatat dirinya membela Persita Tangerang untuk menjalani proses pemulihan dan mengembalikan Match Fitnessnya.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Load More