Husna Rahmayunita
FC Groningen, klub top Belanda yang rekrut Ragnar Oratmangoen. (Instagram/@fcgroningen)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia, Ragnar Oratmangoen, baru saja diresmikan sebagai rekrutan terbaru klub Eredivisie Belanda, FC Groningen.

Ragnar Oratmangoen diboyong FC Groningen dari klub sebelumnya, Go Ahead Eagles, dan akan dikontrak hingga tahun 2025.

“Ragnar Oratmangoen akan datang dari Go Ahead Eagles pada musim panas ini dan akan menandatangani kontrak hingga 2025,” tulis FC Groningen lewat akun Instagram mereka.

Baca Juga:
Dua Lawan Timnas Indonesia U-23 saat TC di Korea Selatan, Termasuk Klub Top K-League

Sementara itu, bagi Ragnar Oratmangoen, kepindahannya ke FC Groningen merupakan salah satu langkah besar dalam kariernya.

Sebab, FC Groningen memiliki rekam jejak yang cukup mentereng sebagai salah satu klub besar di Negeri Kincir Angin. Mereka juga punya tradisi tampil di ajang-ajang Eropa.

Oleh karena itu, kepindahannya ini bisa menjadi satu titik balik bagi perjalanan kariernya sebagai pesepak bola. Lantas seperti apa kiprah Groningen di sepak bola Belanda dan Eropa, berikut ulasan profil mereka.

Baca Juga:
Praveen/Melati Batal Main di Thailand Open 2022, Dejan/Gloria Tetap Tampil

Ragnar Oratmangoen resmi direkrut FC Groningen. (Instagram/fcgroningen)

Profil FC Groningen

Klub yang berbasis di kota Groningen, Belanda, resmi berdiri pada 1971. Meski begitu, sejarah klub ini sudah dimulai sejak 1952.

Dalam perjalanannya, salah seorang pemilik klub amatir di Groningen menyarankan agar setiap klub amatir di daerah tersebut bersatu menjadi satu klub.

Baca Juga:
5 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Raih Emas SEA Games 2021

Awalnya klub ini diberi nama GVAV, lalu berganti nama menjadi FC Groningen pada 16 Juni 1971. Perjalanan Groningen menjadi klub profesional tak mudah karena mengalami krisis finansial.

Mereka akhirnya terdegradasi ke Eerste Divisie pada 1973. Groningen akhirnya baru bisa kembali ke Eredivisie setelah menjadi kampiun Eerste Divisie pada musim 1979/80.

Kesuksesan Groningen kembali ke kasta tertinggi tidak terlepas dari upaya mereka mendirikan akademi yang menghasilkan pemain-pemain muda untuk tim utama mereka.

Baca Juga:
Tak Kunjung Perkenalkan Rekrutan Anyar, Ini Alasan Persija Jakarta

Hal ini dilakukan FC Groningen untuk menyiasati krisis finansial yang sempat mereka alami. Akan tetapi, Groningen masih belum mampu menjadi klub besar di Belanda pada saat itu.

Pada musim 1982/83, Groningen lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya usai finis di posisi kelima musim sebelumnya.

Prestasi terbaik Groningen baru bisa datang saat mampu meraih gelar juara Piala KNVB  2015 usai mengalahkan PEC Zwolle di partai final.

Meski secara prestasi klub, Groningen memang tidak bisa disebut sebagai klub yang kaya prestasi di Belanda. Tapi, beberapa pemain dunia tercatat pernah membela Groningen.

Di antaranya seperti Ronald Koeman, Arjen Robben, Virgil van Dijk, hingga Luis Suarez yang memulai kariernya dari Groningen lalu menjadi pemain hebat di klub lain.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More