Rauhanda Riyantama
Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir (Dok: persib.co.id)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan mantan penggawa tim nasional Indonesia yang memiliki status sebagai Haji atau umat muslim yang pernah berkunjung ke Baitullah atau Ka'bah.

Haji merupakan salah satu rukun yang ada dalam agama Islam. Ibadah Haji sendiri wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia yang mampu baik secara fisik dan finansial.

Ibadah Haji yang masuk dalam kategori wajib inipun membuat para umat muslim tergerak untuk melangkahkan kakinya ke Baitullah atau Ka'bah yang terletak di Mekkah, Arab Saudi.

Baca Juga:
5 Penyebab Ronaldo Harus Segera Tinggalkan Manchester United

Setiap tahunnya seluruh umat muslim dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong menunaikan ibadah Haji, tak terkecuali para pesepak bola.

Para pesepak bola yang beragama Islam, hampir seluruhnya menunaikan ibadah haji. Hal ini juga berlaku untuk para pesepak bola dalam negeri.

Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, banyak pesepak bola Indonesia yang memeluk agama Islam.

Baca Juga:
Bikin Ulah lagi, Momen Harry Maguire Tendang Kepala Paul Pogba hingga Terluka

Hal ini membuat sederet pemain yang beragama Islam, yang mampu secara fisik dan finansial, melaksanakan ibadah Haji.

Dari sekian banyak pesepak bola muslim Tanah Air yang pernah berangkat haji, beberapa di antaranya adalah mantan penggawa Timnas Indonesia.

Kira-kira, siapa saja mantan penggawa Timnas Indonesia yang punya status sebagai Haji itu?

Baca Juga:
Profil Zack Steffen, Kiper Manchester City yang Bikin Blunder Konyol saat Dikalahkan Liverpool

1. Ismed Sofyan

Ismed Sofyan (@ismedsofyan14/Instagram)

Ismed Sofyan merupakan salah satu mantan penggawa Timnas Indonesia yang telah menorehkan 53 caps bagi skuat Garuda.

Pemain yang kini telah berusia 42 tahun itu, tak hanya membela Timnas Indonesia senior saja, melainkan juga timnas kelompok umur.

Baca Juga:
Resmi, Persija Jakarta Perpanjang Kontrak Osvaldo Haay hingga 2023

Bek legendaris Persija Jakarta ini ternyata memiliki status Haji, usai menunaikan ibadah tersebut pada 2011 silam. Tak pelak, dirinya mendapat panggilan ‘Bang Haji’ baik dari rekan setim maupun dari para pendukungnya di media sosial.

2. Supardi Nasir

Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir (@bandungfootball/Twitter)

Bergeser ke rival Persija, ada mantan bek sekaligus legenda dari Persib Bandung yang juga menyandang status Haji. Sosok itu adalah Supardi Nasir.

Pemain yang identik sebagai bek kanan ini melaksanakan ibadah Haji pada 2017 silam, di mana saat itu ia menunaikan ibadah tersebut, Supardi Nasir harus absen beberapa laga bagi Persib.

Supardi Nasir pun tercatat pernah membela Timnas Indonesia. Tercatat pria berusia 39 tahun ini menorehkan 20 caps bagi skuat Garuda.

3. Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan beri dukungan kepada Supardi Nasir (@mridwan2323/Instagram)

Masih dari pos bek kanan, ada nama mantan pemain Timnas Indonesia yang juga berstatus Haji. Sosok itu adalah Muhammad Ridwan.

Pria yang pernah membela PSIS Semarang ini menunaikan ibadah Haji pada 2014 silam, di mana saat itu ia berangkat Haji bersama rombongan jamaah dari Solo.

Muhammad Ridwan juga dikenal sebagai bek legendaris Timnas Indonesia, di mana ia telah membela tim Merah Putih sebanyak 41 laga.

4. Ahmad Bustomi

Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)

Di Persija Jakarta, Ismed Sofyan bukan satu-satunya pemain dengan status Haji. Masih ada nama Ahmad Bustomi yang juga menyandang gelar itu.

Ahmad Bustomi yang juga dikenal sebagai jebolan pondok pesantren itu, diketahui menunaikan ibadah haji pada 2015 silam.

Dalam kariernya hingga saat ini berusia 36 tahun, Ahmad Bustomi tercatat pernah membela Timnas Indonesia dengan mengoleksi 27 caps bersama tim Merah Putih.

Load More