Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia asal Papua, Boaz Solossa. [suara.com]

Bolatimes.com - Berikut ini empat legenda Timnas Indonesia yang kini bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Tak selamanya para pesepak bola akan terus bermain. Ada kalanya seorang pemain sepak bola harus berhenti dan gantung sepatu untuk menjalani karier lainnya.

Karier sebagai pesepak bola itu terbilang tak lama, yakni rata-rata hanya 15 hingga 20 tahun saja. Selepas itu, pemain akan pensiun dan harus mulai menggeluti pekerjaan lainnya.

Baca Juga:
3 Pemain yang Bisa Gantikan Posisi Saddil Ramdani di Timnas Indonesia U-23

Pada umumnya, banyak pesepak bola yang telah pensiun melanjutkan kariernya tak jauh-jauh dari lapangan hijau, baik itu sebagai pelatih maupun Pundit atau komentator.

Namun sebagian ada pula yang menjalani karier di luar lapangan. Salah satunya mengabdi ke negara atau menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) jika di Indonesia.

Pekerjaan sebagai PNS masih dipandang masyarakat Indonesia sebagai pekerjaan yang menjanjikan hingga hari tua kelak.

Baca Juga:
Tragis, Legenda Kolombia Freddy Rincon Meninggal Dunia Usai Kecelakaan Mobil

Tak ayal, banyak pesepak bola Indonesia yang telah pensiun ataupun masih berkarier, kemudian menggeluti dunia PNS.

Dari sekian banyak pemain yang ada, siapa saja legenda Timnas Indonesia yang kini menjadi PNS?

1. Zaenal Arief

Baca Juga:
Rans Cilegon FC Lepas 18 Pemain, Ada Rival Lastori hingga Kurniawan Kartika Ajie

Pendukung Persib Bandung dan Persita Tangerang tentu tak akan pernah lupa dengan sosok Zaenal Arief.

Zaenal Arief merupakan salah satu penyerang subur di Liga Indonesia. Karena ketajamannya itu, dirinya lantas dipanggil oleh Timnas Indonesia di tahun 2006.

Usai gantung sepatu, Zaenal Arief memilih meninggalkan lapangan hijau dan berkarier sebagai PNS, tepatnya di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Tottenham vs Brighton, Manchester United vs Norwich City

2. Gendut Doni Christiawan

Tak hanya Zaenal Arief saja penyerang berlabel timnas yang dikenal pendukung Persib Bandung. Masih ada pula nama Gendut Doni Christiawan.

Eks bomber Persikota ini juga merupakan salah satu penyerang subur di Liga Indonesia. Karena ketajamannya itu, Gendut Doni mendapat panggilan Timnas Indonesia era 2000 hingga 2004.

Kini pria kelahiran Salatiga itu bekerja sebagai pegawai negeri sipil, di mana ia bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

3. Ilham Jaya Kesuma

Rekan duet Zaenal Arief di Persita Tangerang, Ilham Jaya Kesuma juga merupakan PNS yang bekerja di Dinas Cipta Karya Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam karier sepak bolanya, Ilham Jaya Kesuma juga dikenal sebagai penyerang haus gol. Bahkan dirinya pernah menyabet gelar top skor Piala Tiger 2004 bersama Timnas Indonesia.

Perjalanan karier Ilham Jaya Kesuma sendiri kebanyakan dihabiskan di Persita Tangerang. Sedangkan di tim nasional, dirinya mampu sebanyak 18 kali dengan torehan 13 gol.

4. Boaz Solossa

Meski belum pensiun dari lapangan hijau, ternyata Boaz Solossa memiliki status sebagai PNS di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua.

Jabatan sebagai PNS itu didapatkan secara murni, bukan karena prestasinya sebagai pesepak bola ternama yang malang melintang di kasta teratas dan tim nasional Indonesia.

Saat ini, Boaz Solossa masih aktif bermain, di mana dirinya tercatat berseragam Borneo FC sejak Liga 1 musim 2021-2022.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More