Jum'at, 07 Oktober 2022
Husna Rahmayunita : Jum'at, 15 April 2022 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Klub-klub Liga 1 mulai memperlihatkan geliatnya dalam melakukan perombakan tim untuk menghadapi persaingan ketat di musim depan.

Salah satu strategi perombakan skuad yang dilakukan klub-klub Liga 1 ini ialah melakukan cuci gudang dengan melepas banyak pemain di bursa transfer.

Ini menjadi salah satu strategi penyegaran dan peremajaan komposisi skuad agar bisa lebih kompetitif menghadapi persaingan ketat di musim mendatang.

Setidaknya, ada beberapa klub Liga 1 yang tercatat paling aktif dalam menggelar cuci gudang. Mereka melepas banyak nama-nama pemain yang sudah membersamai mereka cukup lama.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan klub Liga 1 yang melakukan cuci gudang dengan melepas banyak pemainnya.

1. Rans Cilegon FC

Para pemain RANS Cilegon FC merayakan gol ke gawang Persis Solo di pertandingan grup X babak 8 besar Liga 2 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/12/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sebagai klub yang berstatus sebagai kontestan promosi di Liga 1 musim depan, Rans Cilegon FC menyadari betul bahwa kekuatannya harus ditingkatkan.

Oleh karena itu, sebagian besar pemain-pemain yang sukses membawa mereka meraih runner-up Liga 2 musim lalu mengalami perubahan signifikan.

Pasalnya, Rans Cilegon FC baru saja mengumumkan telah melepas 18 pemainnya secara sekaligus. Mereka adalah Agung Pribadi, Hendra Wijaya, Chandra Waskito, Sandy Firmansyah, Rizky Hidaya, hingga Yoga Tri Septyan.

Lalu ada Tegar Infantrie, Muharrir, Kurniawan Kartika Aji, Asri Akbar, M Rizal Eka Putra, Muzakir, Ilhamsyah, Sirvi Arvani, Sansan Fauzi, Makarius Suruan, Rival Lastori, Andre Batistuta.

2. Arema FC

Penyerang Arema FC Carlos Fortes merayakan gol bersama Tito Hamzah. [Arema FC]

Arema FC terhitung aktif dalam bursa transfer Liga 1 ini, baik dalam mendatangkan pemain baru maupun mendepak pemain-pemain yang lama.

Pemain pertama yang lepas dari genggaman Arema FC ialah striker asing yang jadi andalan di musim lalu, Carlos Fortes. Sementara itu, tiga pemain asing lainnya resmi bertahan.

Setelah itu, ada Hanif Sjahbandi, Diego Michiels, Feby Eka, Kurniawan Kartika Ajie, Fabiano Beltrame, Sandi Sute, Rian Kurnia, Genta Alparedo, Ridwan Tawainella.

3. Persik Kediri

Persik Kediri vs PSM Makassar. (Dok. LIB)

Persik Kediri juga tampak melakukan perombakan besar-besaran. Mereka melakukan cuci gudang degan melepas banyak pemain.

Setidaknya, tiga pemain asing telah resmi angkat kaki, yakni Dionatan Machado, Youssef Ezzejjari, hingga Marwin Angeles. Satu-satunya pemain asing yang bertahan ialah Arthur Felix.

Setelah itu, pemain lokal yang dilepas yakni Misbahul Akmal, Aldo Claudio, Fajar Setya, Andri Ibo, Eka Sama, Ahmad Agung, Ibrahim Sanjaya, hingga Dian Agus.

4. Persebaya Surabaya

Potret aksi Taisei Marukawa cetak gol indah saat Persebaya Surabaya kalahkan Persik Kediri. (Dok. Persebaya)

Persebaya Surabaya menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang paling banyak melepas pemainnya seusai berakhirnya musim 2021/2022.

Hal ini menjadi bukti bahwa Persebaya Surabaya hendak melakukan perombakan skuad untuk menghadapi musim depan.

Terbukti, empat pemain asing musim lalu semuanya dilepas, yakni Bruno Moreira, Taisei Marukawa, Arsenio Valport, hingga Alie Sesay.

Lalu, deretan pemain lokal yang dilepas yakni Johan Arga, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama, hingga Ady Setiawan.

Setelah itu, ada Samsul Arifin, Hambali Tholib, Mokhamad Syaifuddin, dan Frank Sokoy, yang baru-baru ini dilepas oleh Bajul Ijo.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

BACA SELANJUTNYA

Komnas HAM: Suporter Tidak Ada yang Menyerang Pemain Arema FC