Irwan Febri Rialdi
Pesepak bola Timnas U-23 Marc Klok berpose saat akan melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (12/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-23, Marc Klok, bertekad meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam bersama Garuda Muda, sekaligus membalas kekalahan pada final multievent edisi sebelumnya di Filipina.

Klok juga mengaku bangga akhirnya bisa memperkuat timnas Indonesia pada kompetisi internasional sejak resmi menjadi WNI pada November 2020. Pemain yang sudah berkarier di Indonesia sejak 2017 itu sebelumnya tidak bisa bermain bersama Skuad Garuda karena terkendala masalah persyaratan perpindahan asosiasi yang ditetapkan FIFA.

Berdasarkan statuta FIFA, pemain yang ingin membela asosiasi di negara baru harus sudah tinggal di negara tersebut setidaknya lima tahun.

Baca Juga:
Gaya Bermain Atletico Madrid Dikritik Kuno, Diego Simeone: Hati-hati Kalau Bicara!

“Bangga sekali, ini mimpi saya yang terwujud. Akhirnya setelah lima tahun tinggal dan bermain di sini, saya bisa bergabung bersama timnas,” ungkap Klok di sela latihan timnas U-23 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

“Tapi menurut saya ini baru permulaan. Saya ingin mencetak banyak prestasi bersama timnas, ingin juara, dan mendapat medali emas di SEA Games nanti, dan ini target saya, saya harus bekerja keras,” kata pemain asal Belanda itu melanjutkan.

Klok, yang kini berseragam Persib Bandung, juga rela memangkas jatah hari liburnya menjadi delapan hari saja demi memenuhi panggilan timnas untuk persiapan SEA Games 2021.

Baca Juga:
Persija Jakarta Dua Kali Diundang Ikut IYC 2021, tapi Tak Kirim Tim

Pemain berusia 28 tahun itu juga menyatakan semakin yakin bisa merebut medali emas di SEA Games nanti terlebih Indonesia punya para pemain muda berkualitas setelah pencapaian final di Piala AFF 2020.

“Dengan skuad muda ini saya pikir kalau ini SEA Games, skuad ini harus bisa emas dan jadi juara,” tuturnya.

“Semoga saya bisa memberi pengalaman di dalam dan luar lapangan, dan semoga kami bisa bersatu meraih prestasi tertinggi,” pungkas dia.

Baca Juga:
Jadwal IYC 2021, Laga Pertama Indonesia All Star Langsung Jumpa Barcelona

Pemusatan latihan timnas U-23 untuk SEA Games 2021 diikuti 29 pemain, termasuk empat pemain senior, yakni Fachrudin Aryanto, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan Marc Klok.

Namun hanya ada 18 pemain yang bergabung dalam latihan yang dipimpin oleh pelatih sementara Bima Sakti pada Selasa hari ini karena beberapa pemain lain ada yang masih berkarier di liga luar negeri dan ada pula yang menjalani TC bersama timnas U-19 di Korea Selatan.

Timnas U-23 dijadwalkan bertolak ke Korea Selatan pada 15 April untuk menjalani pemusatan latihan bersama pelatih Shin Tae-yong yang kini sudah berada di Negeri Ginseng tersebut. Pelatnas di Korsel akan berlangsung hingga 28 April.

Baca Juga:
Barcelona dan Atletico Madrid Tak Sabar Bermain di Stadion JIS

(Antara)

Load More