Irwan Febri Rialdi
Jordi Amat ketika membela KAS Eupen. (Instagram/@kaseupenofficial)

Bolatimes.com - Jordi Amat secara terang-terangan menyatakan ingin berkarier di Indonesia setelah tidak memperpanjang kontraknya di klub Belgia, KAS Eupen.

Kabar ini dikonfirmasi oleh KAS Eupen pada Senin (11/4/2022). Kedua belah pihak disebut sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak Jordi Amat yang berakhir pada Juni 2022.

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan pula bahwa Jordi Amat berencana untuk berkarier di Indonesia. Hal ini sejalan dengan proses naturalisasinya yang kian dekat.

Baca Juga:
Naik 6 Tingkat, Ranking Dunia Timnas Futsal Indonesia Meroket usai Jadi Runner-up Piala AFF Futsal 2022

"Kapten tim Jordi Amat meninggalkan KAS Eupen. Kontrak dengan bek tengah berusia 30 tahun itu, yang akan berakhir pada 30 Juni, tidak akan diperpanjang," tulis KAS Eupen.

"Jordi Amat mengucapkan selamat tinggal kepada tim Senin ini dan berencana untuk melanjutkan karirnya di Indonesia," lanjut pernyataan.

Kans Jordi Amat untuk bisa bermain di Indonesia terbuka cukup lebar. Terlebih, gaji pemain yang pernah membela Swansea City ini juga tidak terlalu besar bagi pemain yang lama merumput di Eropa.

Baca Juga:
Segera Jadi Pelatih Man United, Berikut 4 Pemain yang Potensial Dibawa Erik ten Hag

Melansir laporan SalarySport, Amat mendapatkan gaji sekitar 369 ribu euro atau Rp 5,7 miliar per tahunnya. Angka ini terbilang masuk sebagai rata-rata gaji pemain asing di Liga 1.

Menilik data dari SalarySport, gaji yang dimiliki oleh Jordi Amat membuatnya menjadi pemain KAS Eupen kedua dengan gaji tahunan terbesar.

Namun, menilik sumber lainnya yaitu Ai Score, gaji yang dimiliki oleh Jordi Amat di Eupen cukup besar bagi pesepak bola di Indonesia.

Baca Juga:
Masih Cari Homebase, Raffi Ahmad Singgung Kemungkinan Rans Cilegon Ganti Nama

Disebutkan bahwa pemain kelahiran Spanyol tersebut punya gaji mingguan sebesar 22,6 ribu euro dan total 1,18 juta euro per tahun.

Jika dikonversi kedalam rupiah, maka gaji Jordi Amat dalam setahun bisa mencapai Rp 28 miliar. Angka ini tentunya sangat besar bagi klub Indonesia.

Meski demikian, tentunya proses negosiasi bakal terjalin jika nantinya Jordi Amat memang memutuskan pindah berkarier ke Indonesia sehingga besaran gajinya akan mengalami penyesuaian.

Baca Juga:
Netizen Geram Jordit Amat Dikabarkan Gabung Klub Indonesia, Hasani Abdulgani: Harganya Masih Mahal

Beberapa keuntungan juga bakal dimiliki oleh klub Liga 1 jika merekrut Jordi Amat. Di antaranya dia sudah punya banyak pengalaman bermain di level Eropa.

Tercatat pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu pernah bermain bersama Swansea City di Liga Inggris dan bersama Real Betis, Espanyol, dan Rayo Vallecano di Liga Spanyol.

Keuntungan lain Jordi Amat yang bakal segera menjadi WNI itu akan berstatus sebagai pemain lokal jika dimiliki oleh klub Liga 1.

Saat ini proses naturalisasi Jordi Amat masih berlangsung. Dia sudah mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan untuk pindah kewarganegaraan.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More