Irwan Febri Rialdi
Timnas Futsal Indonesia saat menghadapi Malaysia di Piala AFF Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Indonesia sedang jadi perbincangan hangat di jagat olahraga Tanah Air saat ini. Penyebabnya adalah prestasi terbaru mereka.

Indonesia menjadi runner-up Piala AFF Futsal 2022 usai dikalahkan Timnas Thailand. Bertemu di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Minggu (10/4), Indonesia kalah 5-3 lewat adu penalti.

Kedua tim bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan waktu selesai. Gol Indonesia diciptakan oleh Evan Soumilena pada menit ke-8 dan Ardiansyah Runtuboy di menit 25. Gol balasan Thailand datang dari Krit Aransanyalak di menit 39 dan Osamanmusa pada menit ke-40.

Baca Juga:
Profil Ponirin Meka, Kiper Legenda Timnas Indonesia dan PSMS yang Meninggal Dunia

Meski gagal menjadi kampiun, Timnas Futsal Indonesia memberikan harapan besar di masa mendatang. Terlebih Indonesia dihadapkan pada agenda besar lainnya.

Paling dekat Timnas Futsal Indonesia bakal menghadapi SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Pertandingan cabang olahraga futsal SEA Games 2021 rencananya digelar pada pertengahan Mei 2022.

Sejak futsal dikompetisikan di SEA Games pada tahun 2007, timnas putra Indonesia meraih tiga medali perunggu yaitu pada tahun 2007, 2011 dan 2013.

Baca Juga:
Kecelakaan Mobil, Mantan Kapten Timnas Kolombia Alami Cedera Parah

Dengan performa Timnas Futsal Indonesia saat ini, harapan untuk bisa meraih medali emas pertama di SEA Games pun membuncah.

Berikut ulasan kenapa Timnas Futsal Indonesia bisa juara SEA Games 2021.

1. Didominasi Pemain Muda

Baca Juga:
Totalitas Bela Timnas Indonesia U-23, Marc Klok Rela Potong Libur dan Tinggalkan Keluarga

Skuad Indonesia di Piala AFF Futsal 2022 berisikan banyak pemain muda yang mengantarkan Indonesia menempati peringkat ketiga di ajang Piala Asia Futsal U-20 2019.

Dengan sederet pengalaman yang mereka miliki, para pemain muda ini bisa diharapkan mampu membawa Indonesia tampil lebih baik di SEA Games 2021.

2. Skuad Indonesia Sedang Bagus

Baca Juga:
Momen Wasit Bundesliga Jerman Hentikan Laga Agar Pemain Muslim Mainz Buka Puasa

Banyak yang bilang skuad Timnas Futsal Indonesia yang dibawa ke Piala AFF Futsal 2022 adalah generasi emas. Sebab hampir semua pemain memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Kombinasi pemain-pemain muda dan berpengalaman ini diharapkan mampu menjadi kekuatan yang sulit diatasi lawan. Thailand, sebagai contoh, terlihat kewalahan saat menghadapi Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

3. Sosok Pelatih Baru

Harapan Indonesia untuk bisa meraih medali emas pertama di cabor futsal pada ajang SEA Games semakin besar dengan hadirnya Mohammad Hashemzadeh di kursi pelatih.

Kemampuan pelatih asal Iran ini sudah terbukti dengan membawa Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF Futsal 2022.

Dengan pengalamannya menukangi beberapa tim futsal kelas atas dan meraih prestasi bersama Timnas Futsal Iran di level dunia, Hashemzadeh pun diharapkan bisa mengangkat prestasi Timnas Futsal Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More