Husna Rahmayunita
Timnas Futsal Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Jelang duel Indonesia melawan Myanmar di semifinal Piala AFF Futsal 2022, Timnas Futsal Indonesia ternyata memiliki rekor sangat mentereng dari lawannya.

Indonesia akan berjumpa Myanmar pada semifinal Piala AFF Futsal 2022 pada Jumat (8/4/2022) di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand.

Di atas kertas, Indonesia tentu lebih diunggulkan tak hanya karena level permainan yang berbeda tetapi juga rekor pertemuan kedua tim di ajang Piala AFF Futsal.

Baca Juga:
Bergelimang Harta, Cristiano Ronaldo Kirim Rp1,5 Miliar Ke Georgina Rodriguez Setiap Bulan

Sejak Piala AFF Fustal 2006, Indonesia total sudah sembilan kali bertemu dengan Myanmar dengan delapan kali memetik kemenangan dan dua kali menelan kekalahan.

Dua kekalahan Indonesia dari Myanmar ini terjadi dalam dua ajang beruntun, yakni di tahun 2016 dan 2017 di babak penyisihan grup.

Pada 2016, Indonesia harus menelan pil pahit usai dibantai Myanmar dengan skor 3-6 dan kemudian setahin berselang skuat Garuda masih harus mengakui keunggulan lawan.

Baca Juga:
AS Roma Dibungkam Bodo/Glimt, Jose Mourinho Soroti Gol hingga Salahkan Lapangan

Meskipun tak sampai terbantai, Indonesia harus mengakui keunggulan Myanmar dengan skor 2-3 di ajang Piala AFF Fustal 2017.

Setahun setelahnya barulah Indonesia menggila dengan balas dendam tanpa ampun, gelaran Piala AFF Fustal 2018 menjadi ladang pembantaian Myanmar.

Bertanding di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNIY), Yogyakarta pada 5 November 2018, Indonesia menggilan dengan membantai Myanmar 5-1.

Baca Juga:
Dilepas Persebaya Surabaya, Samsul Arif Gabung Arema FC?

Kala itu Bayu Saptaji, Andri Kustiawan dan Marvin Alexa berhasil berbagi gol untuk membawa kemenangan Indonesia atas Myanmar.

Skor besar sebenarnya bukan hal baru bagi Indonesia saat berjumpa dengan Myanmar di ajang Piala AFF Fustal, di tahun 2010 skuat Garuda bahkan pernah mempencundangi lawannya dengan skor 7-4.

Meski begitu dua kekalahan beruntun di ajang yang sama dalam dua tahun berturut membuat catatan manis Indonesia atas Myanmar ternoda.

Baca Juga:
Persija Jakarta Segera Umumkan Pelatih Baru, Paul Munster Kandidat Terkuat?

Namun demikian, Indonesia kembali memiliki kesempatan memperpanjang catatan manis saat berjumpa Myanmar di Piala AFF Fustal tahun ini.

Kemenangan tentu menjadi target utama di laga nanti, namun skor besar dan telak tentu menjadi hiburan tersendiri bagi para penikmat futsal di dalam negeri.

Berikut merupakan rekor pertemuan timnas futsal Indonesia vs Myanmar di ajang Piala AFF Fustal.

2006: Indonesia 5-3 Myanmar (Semifinal)
2008: Indonesia 4-2 Myanmar (Grup)
2009: Indonesia 6-4 Myanmar (Grup)
2010: Indonesia 7-4 Myanmar (Grup)
2013: Indonesia 5-3 Myanmar (Grup)
2016: Indonesia 3-6 Myanmar (Grup)
2017: Indonesia 2-3 Myanmar (Grup)
2018: Indonesia 5-1 Myanmar (Grup)
2019: Indonesia 4-3 Myanmar (Semifinal).

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More