Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Aksi Alfeandra Dewangga saat laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam mengungkit kejayaan anak asuh Park Hang-seo pada edisi SEA Games lalu. Kala itu, tim Golden Star Warriors jadi juara dan mengalahkan timnas Indonesia U-23 dua kali.

Hasil drawing SEA Games 2021 sudah keluar. Tuan rumah Vietnam akan segrup dengan timnas Indonesia U-23. Tiga tim lainnya yang tergabung di Grup A adalah Myanmar, Filipina, dan Timor Lester.

Merespons hasil undian ini, media Vietnam kemudian menuliskan laporan bahwa terakhir kali anak asuh Park Hang-seo satu grup dengan skuad Garuda, mereka berhasil menciptakan sejarah.

Baca Juga:
Persiapan Liga 1, Dewa United Perpanjang Kontrak 12 Pemain

Memang di SEA Games edisi lalu pada tahun 2019, Indonesia dan Vietnam berada dalam satu grup. Hasilnya Golden Star Warriors lolos sebagai juara grup, sedangkan tim Merah Putih jadi runner up.

Menariknya dua tim ini kembali bertemu di laga final SEA Games 2019. Hasilnya Vietnam yang meraih emas dengan menang 3-0 di babak pamungkas.

"Di SEA Games 2019, Vietnam menang dua kali melawan timnas Indonesia U-23. Menang 2-1 di fase grup dan 3-0 di final," tulis laporan The Thao247 dinukil pada Rabu (6/4/2022).

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Chelsea vs Real Madrid dan Villarreal vs Bayern Munich

"Hal itu membantu sepak bola Vietnam meraih medali emas SEA Games yang bergengsi untuk pertama kalinya setelah menunggu 60 tahun," imbuh laporan itu.

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Namun, kini situasinya juga telah berubah. Sebab timnas Indonesia U-23 diasuh oleh Shin Tae-yong serta memiliki pemain muda potensial.

Nyatanya pemain-pemaim muda skuad Garuda bisa mengejutkan di kompetisi Piala AFF 2020 lalu. Sebagian besar pemain itu juga bakal membela timnas Indonesia U-23 di SEA Games ini.

Baca Juga:
Hasil Liga Champions: Kevin De Bruyne Cetak Gol, Man City Jinakkan Atletico Madrid 1-0

Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga akan mendaftarkan pemain senior yang berpengalaman, yaitu Marc Klok dan Ricky Kambuaya, untuk memperkuat tim. Maka dari itu, timnas Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata.

Load More