Rauhanda Riyantama
Momen duel Jordi Amat dan Sandy Walsh di Liga Belgia. (Instagram/sandywalsh)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi Sandy WalshJordi Amat, serta Shayne Pattynama hingga saat ini belum menemui kejelasan. Sebagaimana diketahui, ketiga pemain tersebut diproyeksikan membela Timnas Indonesai di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kabar terakhir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengaku sampai dengan saat ini belum berbuat apapun mengenai kelanjutan proses naturalisasi tiga pemain keturunan Indonesia tersebut.

Proses naturalisasi ketiga pemain itu terhambat karena masih ada dokumen yang kurang. Dokumen tersebut adalah surat perpindahan kewarganegraan dari pemerintah negara yang bersangkutan.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF Futsal 2022 Hari Ini: Timnas Indonesia vs Thailand

“Itu harus PSSI dong, kami urusannya dengan pemerintah, dan kalau dengan PSSI sana ya harus dengan PSSI,” kata Menpora Zainudin Amali kata akhir Maret lalu.

Sebelumnya, Exco PSSI Hasani Abdulgani menyebut proses naturalisasi ketiga pemain itu tertahan di Kemenkumham.

"Proses naturalisasi pemain keturunan atas nama Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama sampai saat ini masih berada di Direktorat Tata Negara, Kemenkumham," tulis Hasani Abdulgani di Instagram miliknya.

Baca Juga:
Persik Kediri Putus Kontrak Enam Pemain, Termasuk Bomber Youssef Ezzejjari

Proses naturalisasi yang mandek ini akhirnya membuat suporter bola di dunia maya silahturahmi ke akun Instagram Kemenkumham.

Akun Instagram Kemenkumham digeruduk netizen setelah proses naturalisasi Sandy Walsh dan kawan-kawan tak kunjung selesai. (Instagram)

Unggahan akun Instagram Kemenkumham @kemenkumhamri terkait ucapan ibadah Ramadhan lebih banyak dipenuhi dengan protes dari suporter bola.

Mayoritas suporter bola mempopulerkan tagar #percepatnaturalisasi. Ada juga netizen yang menuliskan tagar #kamikecewa, serta tagar #percepatnaturalisasipemainketurunan.

Baca Juga:
AC Milan Ditahan Imbang Bologna 0-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga Italia

"Birokrasi Indonesia berbelit2 @kemenkumhamri untuk kemajuan TIMNAS saja susahnya minta ampun pak presiden @jokowi tolong turun tangan percepatan pemain keturunan," tulis akun @mil***

(Suara.com/Galih Prasetyo)

Baca Juga:
Arsenal Dibantai Crystal Palace 0-3, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Load More