Rauhanda Riyantama
Bek kiri Bali United yang dipinjam dari Persis Solo, Abduh Lestaluhu. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Fakta menarik tercipta di balik keberhasilan Bali United menjadi juara, di mana dua penggawanya berhasil meraih gelar juara Liga 1 dan Liga 2 dalam satu musim bersamaan.

Bali United berhasil keluar sebagai juara Liga 1 2021 ini setelah perolehan poinnya di tangga klasemen tak akan bisa dikejar oleh rivalnya, Persib Bandung.

Kepastian tim asal Pulau Dewata ini keluar sebagai juara terjadi saat Persib ditahan imbang oleh Persik Kediri di pekan ke-33 Liga 1, Jumat (25/3).

Baca Juga:
Daftar Juara Liga Indonesia dari Era ke Era, Terbaru Bali United

Hasil seri tersebut membuat Persib tertinggal empat poin dari Bali United di puncak. Dengan satu laga tersisa, otomatis raihan poin Laskar Serdadu Tridatu tak bisa dikejar.

Keberhasilan ini menjadi catatan sendiri bagi Bali United. Tim yang baru lahir pada 2015 silam itu, menjadi tim pertama yang mencatatkan gelar juara liga secara beruntun.

Sebelumnya Bali United berhasil merengkuh gelar di Liga 1 edisi 2019. Di Liga 1 edisi 2020, kompetisi harus dihentikan akibat pandemi.

Baca Juga:
Pratama Arhan Jalankan Ibadah Puasa, Tokyo Verdy Siap Suplai Makanan Halal

Di sisi lain, keberhasilan Bali United keluar sebagai juara juga menorehkan rekor bagi Stefano Cugurra Teco selaku pelatih kepala.

Gelar Liga 1 musim 2021-2022 ini menjadi gelar ketiga secara beruntun atau Hattrick yang didapatkan pelatih asal Brasil itu.

Sebelumnya, Teco berhasil meraih gelar perdananya pada 2018 bersama Persija Jakarta, kemudian 2019 bersama Bali United dan di musim ini.

Baca Juga:
Gagal Juara Liga 1, Persib Bandung Alihkan Fokus ke Piala AFC

Tak cukup sampai di situ, keberhasilan ini juga menorehkan fakta unik bagi Abduh Lestaluhu dan Eky Taufik yang mengawinkan gelar Liga 1 dan Liga 2 dalam satu musim yang sama.

Para pemain Bali United merayakan keberhasilan juara Liga 1 2021. (Dok, Bali United)

Juara Bareng Persis dan Bali United

Sebagai informasi, Abduh Lestaluhu dan Eky Taufik merupakan dua pemain yang dipinjam Bali United dari Persis Solo pada bursa transfer kedua Liga 1.

Baca Juga:
Hasil Swiss Open 2022: Indonesia Loloskan 5 Wakil ke Semifinal

Saat berseragam Persis, Abduh dan Eky mampu membawa klub berjuluk Laskar Sambernyawa ini promosi ke Liga 1 musim depan sekaligus menjuarai kompetisi Liga 2 pada akhir Desember 2021 lalu.

Usai membawa Persis jadi juara kasta kedua, Abduh dan Eky diboyong Bali United untuk menambah kedalaman skuat.

Keduanya pun kerap diandalkan oleh Bali United di kancah Liga 1 ini. Tercatat, Abduh bermain sebanyak lima kali, dan Eky bermain sebanyak tujuh kali.

Karena sumbangsih keduanya, Bali United pun bisa bermain apik dan konsisten meraih kemenangan hingga berhasil menyabet gelar juara Liga 1 musim ini.

Tak ayal, keberhasilan Bali United dan Persis pun menjadi catatan tersendiri bagi Abduh dan Eky yang berhasil mengawinkan gelar Liga 1 dan Liga 2 dalam musim yang sama.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More