Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat. [Instagram/hasaniabdulghani]

Bolatimes.com - Exco PSSI Hasani Abdulgani mengungkapkan proses naturalisasi tiga pemain Eropa untuk Timnas Indonesia mengalami kendala. Menurutnya, perlu andil dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tiga pemain keturunan Indonesia yakni Jordi Amat dan Shayne Pattynama dari Belanda serta Sandy Walsh yang kini warga negara Spanyol telah mendapat persetujuan untuk dinaturalisasi membela Timnas Indonesia.

Naturalisasi ketiganya telah diproses sejak beberapa waktu lalu. Tetapi, Hasani mengungkapkan masih ada dokumen pindah kewarganegaraan yang belum lengkap.

Baca Juga:
Persija Bungkam PSM Makassar 3-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

"Dari sekian dokumen persyaratan ada satu dokumen yaitu Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara dari pemerintah Belanda dan Spanyol, diluar jangkauan kami," papar Hasani melalui unggahan di Instagram, Selasa (22/3/2022).

Hasani menerangkan, dokumen tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Belanda dan Spanyol, asal tiga pemain keturunan. Untuk mendapatkannya, butuh waktu sebulan atau lebih sesuai regulasi yang ada.

Sementara itu, Jordi Amat Cs diproyeksi bisa menjadi warga negara Indonesia pada April mendatang agar bisa membela timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dijadwalkan terselenggara Juni 2022.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Menang 3-1, Persija Buat PSM Makassar Belum Aman dari Degradasi

"Seandainya Surat Keterangan tersebut bisa diajukan secara paralel, maksudnya tidak harus menunggu dulu dokumen tersebut didapat lalu baru diajukan berkasnya oleh Kemenhumkam kepada Presiden. Maka target di bulan April bisa tercapai," terang Hasani.

"Mengapa harus April, karena kita perlu waktu satu hingga dua minggu untuk proses perubahan Federasi kepada FIFA. Tanpa pasport kita tidak bisa mengajukannya. Kalau tidak ada surat approvel dari FIFA, otomatis pemain tersebut tidak eligible membela Timnas di babak kualifikasi Piala Asia," imbuhnya.

Kendala dokumen proses naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia ini disebut hanya bisa diselesaikan bila ada kebijakan dari pemerintah Indonesia dan Jokowi.

Baca Juga:
Masa Depan Paulo Dybala di Juventus Belum Pasti, Allegri: Dia Pemain Hebat

Untuk itu, Hasani berharap orang nomor satu di Indonesia dapat turun tangan membantu proses pindah kewarganegaraan tiga pemain keturunan.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden Joko Widodo bisa ikut membantu sehingga para pemain tersebut dapat membela Timnas dikualifikasi Piala Asia, 8 Juni mendatang," pungkasnya.

Sebelumnya, dokumen naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama telah sampai di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Tetapi, masih dikaji lebih lanjut.

Baca Juga:
Manajer Arema FC Mundur, Singgung Kekalahan Lawan Bali United

Load More