Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap harapannya dengan adanya pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.

Diketahui, Timnas Indonesia U-23 dan U-19 akan melakukan TC di kampung halaman Shin Tae-yong. Timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Sementara Timnas U-23 TC di Korsel untuk menghadapi SEA Games 2021 yang akan gelar di Hanoi, Vietnam pada Mei 2022 mendatang.

Baca Juga:
Alex Rins Bangga Pamer Helm Bermotif Batik, Netizen: Keren Banget

Mengutip laporan News1 Korea pada Kamis (17/3/2022), Garuda Muda rencananya berangkat ke Korsel pada 9 April 2022. Namun, mereka akan menjalani karantina lebih dulu.

Baru setelah itu, tanggal 16 April karantina akan selesai dan mereka memulai latihan perdana. TC di Korsel ini disebut sebagai persiapan akhir untuk SEA Games 2021.

Shin Tae-yong sendiri punya harapan menggelar TC di Korsel ini. Bukan hanya tim U-23, tapi juga U-19 yang lebih dulu melakukan latihan.

Baca Juga:
Wajib Tahu agar Tak Salah, Ini Alur Masuk Keluar Penonton MotoGP Mandalika 2022

"Saya berharap tim U-23 dan U-19 mendapatkan mental yang kuat dan tidak mudah roboh melalui latihan ini. Akan ada waktunya," tegas pelatih berusia 51 tahun ini.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan gelandang Persib Marc Klok akan menjadi salah satu pemain senior dalam tim nasional U-23 putra yang berlaga di SEA Games 2021.

“Marc Klok sudah dihubungi oleh pelatih Shin Tae-yong. Insyaallah kami mempersiapkannya untuk SEA Games,” ujar Iriawan di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Baca Juga:
Lihat Emak-emak Tanpa Helm Boncengan sambil Gendong Bayi, Pembalap MotoGP Gercep Komentar

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sebenarnya sudah tertarik sejak lama dengan Marc Klok.

Akan tetapi, Klok yang pada tahun 2020 dinaturalisasi dari Belanda belum bisa memperkuat skuad Garuda di kompetisi atau pertandingan AFC maupun FIFA.

Pesepak bola berusia 28 tahun belum memenuhi syarat kewarganegaraan yang ditetapkan FIFA karena tidak memiliki garis keturunan dari negara barunya, dalam hal ini Indonesia.

Baca Juga:
5 Pemain Naturalisasi yang Punya Harga Selangit, Marc Klok Termahal

Namun, menurut PSSI, Klok memenuhi syarat lima tahun berada di Indonesia pada April 2022 sehingga bisa memperkuat timnas U-23 pada SEA Games 2021.

Load More