Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat. [Instagram/hasaniabdulghani]

Bolatimes.com - Proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama dipastikan berlanjut. Ketiga pemain akan membela Timnas Indonesia.

Teranyar, dokumen naturalisasi tiga pemain tersebut sudah sampai ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemhumham) tetapo masih dilengkapi.

Sebab, untuk pindah kewarganegaraan membutuhkan proses yang tak singkat. Banyak dokumen yang mesti dipenuhi sebagai syarat menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga:
Bantai Malaysia 3-0, Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2022

Hal itu diungkap oleh Exco PSSI, Hasani Abdulgani melalui unggahan di Instagram, Minggu (13/3/2022).

"Tim legal PSSI sedang bekerja sama dengan Tim Hukum Kemenpora dan Tim Direktur AHU Kemenhumkam. Saat ini sedang dipersiapkan dokumen tambahan untuk memenuhi syarat administrasi Pasal 20 dari UU No 12 Tahun 2006 (Tentang Kewarganegaraan) di Kemenhumkam," papar Hasani.

Berbeda dengan Emil Audero Mulyadi dan Jordy Wehrmann. Kedua pemain disebut masih belum memberikan jawaban meski agen PSSI sudah melakukan pertemuan dengan manajemen mereka.

Baca Juga:
3 Pemain Senior yang Layak Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021

"Emil Aedero dan Jordy Wehrmann masih dalam status negosiasi," imbuhnya.

Kabar terkini naturalisasi Timnas Indonesia. (Instagram/@hasaniabdulgani)

Hasani menerangkan PSSI saat ini fokus mengurus proses naturalisasi tiga pemain keturunan yang sudah bersedia bergabung dengan Timnas Indonesia.

"Sementara kami fokus kepada Sandy Walsh, Jordi Amàt dan Shayne Pattynama," tulisnya.

Baca Juga:
3 Alasan Harry Maguire Pantas Dibuang Manchester United

Timnas Indonesia mengincar empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Tiga pemain sudah memberikan kepastian, sedangkan dua pemain lain masih pikir-pikir.

Salah satu di antara Emil Audero (kiper Sampdoria) atau Jordy Wehrmann (gelandang FC Luzern) digandang-gadang akan menjadi pemain naturalisasi keempat andai bersedia membela Skuad Garuda.

Sebelumnya, ada nama Kevin Diks, Mees Hilgers dan Ragar Oratmangoen yang masuk radar naturalisasi, tetapi batal.

Baca Juga:
Tak Diundang Konpres MotoGP Mandalika, Aleix Espargaro Malah Semringah

Kevin Diks dan Mees Hilgers sedianya tertarik membela Timnas Indonesia, namun terganjal restu orangtua untuk pindah kewarganegaraan.

Adapun PSSI mengutus Hasani terbang ke Belanda pada 17 Maret mendatang untuk melakukan komunikasi dengan pemain keturunan dan keluarga mereka.

Load More