Husna Rahmayunita
Ilustrasi wasit. [Shutterstock]

Bolatimes.com - PSSI memutuskan untuk menambah wasit pada pertandingan di Liga 1 2021/2022 yang masih tersisa dua pekan. Kini ada tambahan dua asisten wasit, sehingga jumlahnya menjadi lima orang per laga.

Pemberlakuan dua asisten wasit tambahan ini dimulai sejak pekan ke-30 Liga 1 antara Persela Lamongan vs Persikabo, Rabu (9/3/2022).

Lantas apa tugas asisten wasit tambahan ini?

Baca Juga:
Eks Bayern Munchen Terancam Kena Pasal Usai Dianggap Masa Bodoh Soal Ukraina

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan tugas dari asisten wasit ke-5 dan 6. Dia mengatakan, tenaga baru ini berfungsi membantu tugas wasit utama.

Kedua asisten wasit tambahan diposisikan di garis belakang atau di dekat gawang untuk memantau jalannya laga.

"Hanya melihat di daerah kotak 16. Nah tugas asisten wasit tambahan ini memonitor apakah terjadi gol atau tidak gol. Setelah itu baru dikoordinasikan dengan wasit utama," kata Iriawan.

Baca Juga:
Ingat Agama, Karim Benzema Tak Lupa Ucap Ini usai Hajar PSG

Selain itu, Iriawan menjelaskan asisten wasit tambahan juga memiliki tugas untuk memastikan pelanggaran yang terjadi di kotak penalti, terutama handsball.

Dia juga menyebut. tugas asisten wasit tambahan adalah untuk membantu wasit utama dalam menentukan pelanggaran, karena mungkin saja pelanggaran yang terjadi luput dari penglihatan wasit utama.

"Berikutnya memastikan apakah ada pelanggaran di kotak 16, terutama handsball, betul-betul terlihat, karena jika pelanggaran dari depan mungkin wasit utama tidak melihat, sehingga itu gunanya asisten wasit tambahan," jelas Iriawan.

Baca Juga:
Saddil Ramdani Cetak Gol Berkelas dari Tendangan Bebas, Bikin Pelatih Sabah FC Bangga

Soal kenapa penggunaan asisten wasit ke-5 dan 6 baru digunakan di pekan ke-30 Liga 1, Iriawan menjelaskan hal ini tidak mudah.

Wasit mesti mendapat pelatihan khusus dari FIFA serta AFC. Selain itu, pihaknya juga cukup lama mendapatkan alat getar yang dipegang oleh asisten wasit tambahan.

"Ternyata tidak semudah dari yang kita perkirakan, harus ada pelatihan khusus dari FIFA, AFC dan peralatannya juga cukup lama kita dapatkan yaitu alat getar yang dipegang oleh asisten tambahan dan asisten wasit," ungkap pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut.

Baca Juga:
Marah-marah ke Wasit, Ketegasan Ketum PSSI Dipuji Netizen

(Antara)

Load More