Irwan Febri Rialdi
Alireza Faghani. (Sumber: Twitter/@IranWeirEnglish)

Bolatimes.com - Alireza Faghani mungkin bukan sosok yang asing buat pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, dia merupakan wasit asing yang pernah memimpin pertandingan di Liga 1.

Nama Alireza menarik dibahas lagi karena Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sempat memberi ultimatum kepada para wasit Liga 3 bahwa dirinya akan mendatangkan wasit asing jika diperlukan.

Pernyataan ini keluar dari sosok yang akrab disapa Iwan Bule tersebut karena merasa kecewa dengan kinerja wasit di babak 16 besar Liga 3.

Baca Juga:
Persela Kalah 2-3 dari Persikabo, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Jika berbicara wasit asing, Alireza bisa menjadi salah satu opsi karena punya pengalaman meimpin laga di Liga 1 pada musim 2017.

Sejumlah tim besar Liga 1 saat itu sempat merasakan dipimpin oleh Alireza Faghani seperti Persib Bandung, Bhayangkara FC, Persipura, hingga Persija Jakarta.

Lantas, siapa sebetulnya Alirez Faghani ini? Berikut profil ringkasnya.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Persela Kalah Lagi, Tumbang 2-3 dari Persikabo

Profil Alireza Faghani

Alireza Faghani merupakan sosok kelahiran Kashmar, Iran, pada 21 Maret 1978. Dia berasal dari keluarga yang memang dekat dengan dunia sepak bola.

Ayahnya, Mohammad Faghani, juga merupakan mantan wasit sepak bola. Selain itu, adiknya Mohammadreza juga menjadi wasit di Swedia.

Baca Juga:
Tak Terima Dihukum Komdis PSSI, Persipura Jayapura Resmi bakal Ajukan Banding

Sebelum menjadi wasit, Alireza sempat menjadi pesepak bola profesional. Dia sempat bermain di beberapa klub, dan bermain di kasta ketiga liga Iran, sebelum akhirnya memutuskan menjadi wasit.

Dia menjadi wasit di liga utama Iran pada 2007, satu tahun berselang dia langsung menjadi wasit berlisensi FIFA. Sejak saat itu dia menjadi wasit yang punya banyak pengalaman memimpin pertandingan level internasional.

Laga-laga bergensi di level Asia seperti Piala Asia, Liga Champions Asia, sudah pernah dipimpin olehnya. Dia kemudian dipilih menjadi wasit keempat untuk laga pembuka Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Kroasia.

Baca Juga:
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman Jalan-jalan di Slovakia, Makan Makanan Indonesia

Setelah hanya menjadi wasit cadangan di Piala Dunia 2014, Alireza Faghani lantas menjadi salah satu wasit utama di Piala Dunia 2018.

Dia memimpin sebanyak 4 pertandingan yang salah satunya merupakan laga perebutan tempat ketiga antara Belgia melawan Inggris.

Di turnamen antar klub dunia, Alireza Faghani juga pernah menjadi wasit di final Piala Dunia Antarklub 2015 antara Barcelona dan River Plate.

Pada 2019, Alireza Faghani mengambil keputusan besar dengan pindah ke Australia membawa serta keluarganya ke Negeri Kangguru.

Di sana dia tetap menjadi wasit di kompetisi teratas Australia, A-League. Dia mulai resmi bertugas sebagai wasit di sana sejak September 2019 dan menjalani debutnya pada 12 Oktober di pertandingan Western Sydney vs Central Cost.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More