Husna Rahmayunita
Para pemain pesepak bola Persipura melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang PSM Makasar pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (27/9/2019). Persipura menang atas PSM Makasar dengan skor akhir 3-1. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.

Bolatimes.com - Persipura Jayapura menelan pil pahit karena tak datang ke stadion melawan Madura United pada tunda Liga 1, Senin (21/2/2022) lalu.

Buntut dari aksi tersebut, Komite Disiplin (Komdis) PSSI menyatakan Persipura melanggar aturan hingga dikenai hukuman.

Berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI, Selasa (8/3), Persipura dikenai tiga hukuman yakni dinyatakan kalah walk out (WO) dari Madura United, pengurangan poin dan denda ratusan juta.

Baca Juga:
Tak Setuju Naturalisasi, Ketua Komite X DPR RI Sampaikan Solusi Ini

"Tim Persipura tidak hadir di tempat pertandingan, serta menolak untuk bertanding, meskipun sudah dijadwalkan sebelumnya sehingga dikenai kala 0-3, pengurangan nilai 3 dan denda Rp 250 juta," tulis PSSI dalam keterangan resminya.

Pihak Persipura sempat mengklaim tak datang ke stadion karena sebagian besar pemain terkena Covid-19. Tetapi temuan PT LIB hanya enam pemain yang terinfeksi sehingga masih memenuhi syarat untuk bertanding.

Dengan adanya hukuman ini, skuad Mutiara Hitam tertahan di zona degradari. Sebelum Komdis PSSI menjatuhkan sanksi, Persipura berada di urutan ke-16 dengan 26 poin dari 28 pertandingan.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Akhirnya Main Bek Kanan Lagi di Ansan Greeners, Efek Digeruduk Netizen?

Setelah disanksi pengurangan, Persipura kini membukukan 23 poin. Hasil ini membuat klub kian jauh dari papan atas saat liga tinggal menyisakan lima pekan lagi.

Adapun di bawah Persipura ada Persela Lamongan dengan 20 poin dan sang juru kunci Persiraja Aceh yang mengemas 13 poin.

Baca Juga:
Rekor Mentereng Robert Lewandowski di Liga Champions, Salip Eks AC MIlan

Load More