Irwan Febri Rialdi
Nurhadi dan Thoriq Alkatiri. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Wasit berstandar FIFA atau punya lisensi dari Federasi Sepak Bola Seluruh Dunia bisa menjadi salah satu tolok ukur dari majunya olahraga bola sepak di suatu negara.

Begitu pun di Asia Tenggara, dari laporan The ASEAN Football, jumlah wasit berlisensi FIFA di wilayah ini ternyata sudah cukup banyak.

Namun menilik dari persebarannya, Indonesia tidak masuk ke dalam daftar negara dengan jumlah wasit FIFA paling banyak di Asia Tenggara.

Baca Juga:
Sudah 4 Laga Tak Dampingi PSIS, Ke Mana Dragan Djukanovic?

Lantas, seperti apa persebaran wasit FIFA di Asia Tenggara? Berikut penjelasannya

1. Thailand

Thailand menjadi contoh dari negara Asia Tenggara yang mampu membuat olahraga sepak bola maju. Mereka kini menjadi negara dengan wasit FIFA terbanyak, yaitu berjumlah 9 wasit.

Baca Juga:
Keuntungan Real Madrid Lawan PSG Menurut Carlo Ancelotti

Bahkan 3 dari total wasit FIFA itu merupakan wanita. Thailand juga memiliki 11 asisten wasit berstandar FIFA dengan 8 wasit pria dan 3 wanita.

Tak hanya itu, ada 3 ofisia wasit VAR di Thailand. Ini menjadikan mereka sebagai negara ASEAN yang memiliki wasit VAR bersama Singapura.

2. Myanmar

Baca Juga:
Profil Lerby Eliandry, Pahlawan Kemenangan Bali United atas Persija Jakarta

Jika menilik prestasi atau kemampuan di atas kertas, Indonesia memang lebih unggul dibandingkan Myanmar. Namun, Myanmar mampu berbenah salah satunya meningkatkan kualitas wasit.

Mereka kini menjadi negara ASEAN kedua dengan wasit FIFA terbanyak, yaitu 7 wasit dan 9 asisten wasit. Ada 6 wanita di antara jumlah total wasit dan asisten wasit itu,

3. Vietnam

Baca Juga:
Shayne Pattynama Cetak Dua Gol untuk Viking FK Jelang Bergulirnya Liga Norwegia 2022

Secara mengejutkan Vietnam ada di bawah Myanmar dalam urusan jumlah wasit FIFA. Vietnam memiliki 6 wasit FIFA dan 10 asisten wasit.

4. Malaysia

Di urutan keempat ada Malaysia yang memiliki 6 wasit FIFA dan 9 asisten wasit.

5. Singapura

Di urutan kelima ada Singapura yang memiliki 6 wasit berlisensi FIFA dan 7 asisten wasit. Singapura juga punya 1 ofisial wasit VAR.

6. Indonesia

Indonesia menempati posisi keenam negara ASEAN dengan wasit FIFA terbanyak. Total hanya ada 5 wasit berstandar FIFA di Tanah Air dan 7 asisten wasit FIFA.

Hingga saat ini Indonesia yang disebut-sebut punya liga paling besar di ASEAN, belum memiliki wasit VAR. Bahkan teknologi ini masih sebatas wacana.

7. Kamboja: 4 wasit, 6 asisten

8. Laos: 4 wasit, 6 asisten

9. Filipina: 4 wasit, 6 asisten

10. Brunei: 2 wasit, 5 asisten

11. Timor Leste: 1 wasit, 1 asisten

Kontributor: Aditia Rizki

Load More