Rauhanda Riyantama
Wasit Fariq Hitaba (ketiga kanan) memberikan kartu kuning kepada penjaga gawang Persija Jakarta Andritany (kiri) setelah terlibat keributan dengan pemain Persib Bandung dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022). Persib Bandung memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/rwa

Bolatimes.com - PSSI memastikan bakal menugaskan asisten wasit tambahan atau additional assistant referee (AAR) mulai pekan ke-30 Liga 1 2021. Hal ini untuk menindaklanjuti keluhan-keluhan yang terjadi belakangan ini terhadap kinerja pengadil lapangan.

Ini juga merupakan solusi jangka pendek dari PSSI atas banyaknya keluhan soal keputusan wasit utama dan hakim garis di Liga 1 dan Liga 2. Ke depannya, PSSI juga akan menerapkan video assistant referee (VAR).

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengakui kalau pihaknya sempat mengalami kendala untuk merealisasikan penambahan asisten wasit tambahan ini.

Baca Juga:
Deretan Petinju Indonesia yang Meninggal usai Tarung, Teranyar Ada Hero Tito

Salah satunya terutama berkaitan dengan pengadaan alat-alat khusus yang akan digunakan oleh wasit-wasit tersebut. Oleh karenanya kemungkinan baru bisa terlaksana mulai pekan ke-30 pada 10-14 Maret.

"Dalam prosesnya, PSSI telah mengedukasi seluruh wasit yang nantinya akan ditugaskan sebagai AAR pada tanggal 10-14 Maret dengan mendatangkan dua orang instruktur wasit FIFA," kata Yunus Nusi dilansir dari laman PSSI.

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk dipakai asisten wasit tambahan itu sudah sampai di Bali. Sebelum benar-benar diterapkan lebih dahulu bakal digelar simulasinya.

Baca Juga:
Bima Sakit Ungkap Kriteria Pemain Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFF

"Sehingga mulai tanggal 9 Maret sudah bisa dipakai," tambah mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

BRI Liga 1 2021/2022 sudah memasuki pekan terakhir. Mengingat persaingan sengit di papan atas dan bawah, butuh pengadil lapangan yang benar-benar baik dalam memimpin pertandingan.

Baca Juga:
Belum Kalah di 11 Laga Terakhir, Bali United Optimis Tumbangkan Persija

Load More