Irwan Febri Rialdi
Bek Persebaya Surabaya, Alie Sesay. (Dok. Persebaya)

Bolatimes.com - Profil Alie Sesay menjadi topik yang patut diperbincangkan saat ini. Pasalnya, dia menjadi pahlawan kemenangan Persebaya di laga teraktual Liga 1 2021/22.

Menghadapi Madura United pada pekan ke-27, Senin (28/2/2022) malam WIB, Sesay mencetak gol penentu kemenangan 'Bajul Ijo' di menit 90+3.

Persebaya hampir saja meraih hasil imbang setelah gol Bruno di menit kedua mampu disamakan Beto Goncalves di menit 28.

Baca Juga:
Profil Arifin Panigoro, Pencetus Liga Premier Indonesia yang Meninggal Dunia

Beruntung aksi Alie Sesay di pengujung laga mampu menyelamatkan Persebaya. Atas tambahan tiga poin ini, Persebaya naik ke posisi 4 klasemen dengan 54 poin.

Lantas, siapa sebetulnya Alie Sesay ini? Berikut ringkasan profilnya.

Profil Alie Sesay

Baca Juga:
Bukan Malaysia, Pratama Arhan Ungkap Lawan Paling Berkesan di Piala AFF 2020

Sosok dengan nama lengkap Mohamed Alie Sesay ini merupakan kelahiran London, Inggris, pada 2 Agustus 1994. Dia berposisi sebagai bek.

Meski lahir di Inggris, Alie Sesay lebih memilih membela Sierra Leone dan sudah membela timnas Sierra Leone sejak 2014.

Sebagai bocah yang lahir di London, Sesay ternyata sempat mengenyam pendidikan sepak bola di akademi Arsenal. Kemudian dia bergabung dengan akademi Leicester City pada 2010.

Baca Juga:
3 Negara ASEAN Gelar Persiapan Bersama Hadapi Kualifikasi Piala Asia, Indonesia Gak Diajak

Setelah tiga tahun di tim junior, Sesay menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Leicester pada 2013. 

Sayangnya Sesay tidak mendapat kesempatan mentas dengan tim senior, dia masih dimainkan di Leicester U-21 dan mentas di Premier League U-21.

Alie Sesay kemudian dipinjamkan ke klub League Two, Colchester United dan Cambridge United. Setelah itu, Sesay kemudian pindah ke Barnet FC.

Baca Juga:
'Dicurangi Wasit', Pelatih Persebaya: Saya Tidak Mau Menilai, Biar Masyarakat Saja

Tidak bertahan lama di sana, Sesay lantas berpetualang ke luar Inggris dengan bergabung bersama klub Swedia, IK Frej.

Lai-lagi tak berlangsung lama, Sesay pindah ke klub Yunani, AO Chania Kissamikos. Dia juga pernah membela klub Bulgaria, Arda Kardzhali, lalu pindah ke Azerbaijan dengan membela dua tim di sana, Zira FK dan Sabail FK.

Hanya 6 bulan Alie Sesay di Sabail FK, dia kemudian direkrut oleh Persebaya Surabaya pada Juni 2021. Dia menjalani debutnya di Persebaya pada 11 September 2021.

Sesay lantas menjadi pilihan utama Aji Santoso di lini pertahanan Persebaya dan kini sudah melakoni 21 pertandingan di Liga 1 2021/22.

Adapun, karier Sesay di Timnas Sierra Leone dimulai saat dia dipanggil untuk kualifikasi Piala Afrika 2014 melawan Kamerun. Hingga kini dia baru melakoni 7 pertandingan untuk Sierra Leone.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More