Irwan Febri Rialdi
Striker asing PSS Sleman, Wander Luiz. (Dok. PSS)

Bolatimes.com - Berikut profil Wander Luiz, penyerang PSS Sleman yang tengah menjadi sorotan penikmat sepak bola Indonesia karena kegagalannya mengeksekusi penalti.

Nama Wander Luiz menjadi perbincangan pada saat PSS Sleman menghadapi Tira Persikabo dalam lanjutan BRI Liga 1 2021-2022, Kamis (24/2).

Pada laga tersebut, PSS harus menerima kekalahan dari Tira Persikabo dengan skor 0-2 lewat gol yang dicetak Dimas Drajad di menit ke-48 dan 62 babak kedua.

Baca Juga:
Jeritan Bintang Ukraina Negaranya Digempur Rusia: Kami Ingin Hidup Damai

Sejatinya, PSS bisa saja unggul dan terhindar dari kekalahan sejak babak pertama andai Wander Luiz mampu mengeksekusi penalti yang ia dapat di menit ke-27.

Sayangnya, penyerang asal Brasil ini tak mampu menuntaskan peluang emas untuk membawa PSS unggul di paruh pertama.

Eksekusi penalti Wander Luiz pun terbilang sangat buruk. Terlihat dalam cuplikan bahwa ia terkesan tak jelas dalam menendang.

Baca Juga:
Kisah Vladimir Putin Campur Tangani Transfer Andrey Arshavin ke Arsenal, Bayar 2 Kali Lipat

Jika dilihat dari gerak-geriknya, eks bomber Persib Bandung ini hendak melakukan Panenka. Namun bola justru bergulir datar dan malah menyamping ke kanan gawang Tira Persikabo.

Lantas, siapakah sosok Wander Luiz tersebut?

Baca Juga:
Profil Oleksandr Zinchenko, Bintang Manchester City yang Sumpahi Vladimir Putin

Profil Wander Luiz

Wander Luiz lahir dengan nama lengkap Wander Luiz Queiros Diaz pada 17 Februari 1992 di Espirito Santo, Brasil.

Sama seperti pemuda Brasil lainnya, Wander Luiz juga menjalani karier di kancah sepak bola, di mana klub pertamanya adalah Vitoria da Conquista yang berkiprah di Serie D Brasil.

Baca Juga:
PSSI Pastikan Proses Naturalisasi Tiga Pemain Keturunan Lanjut, Termasuk Shayne Pattynama

Meski memulai karier di Brasil, karier Wander Luiz nyatanya banyak dihabiskan di Vietnam. Ia menyeberang ke Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada 2017 usai membela Santa Rita dan Vitoria da Conquista.

Klub pertamanya di Asia Tenggara adalah Long An, di mana ia bermain selama satu tahun sebelum akhirnya menyeberang ke rival, yakni Quang Nam pada 2018.

Usai membela Quang Nam, pemain berusia 30 tahun ini hijrah ke klub Vietnam lainnya, yakni Chan Tho FC yang kini berkiprah di V2 League.

Penampilannya bersama Chan Tho FC membuat raksasa Liga Vietnam, Becamex Binh Duong, merekrutnya pada 2019.

Di klub ini, Wander Luiz tampil cukup cemerlang sehingga membuatnya mendapat perhatian dari Indonesia. Pada 2020, Persib Bandung pun mendatangkannya untuk menjalani trial.

Wander Luiz datang ke Persib bersama Joel Vinicius dan menjalani seleksi terbuka. Tak disangka, dirinya terpilih, dan kompatriotnya harus menerima didepak pasca seleksi.

Pada Februari 2020, Persib resmi mengikat Wander Luiz dan tampil cukup apik bagi Maung Bandung di periode 2020.

Namun di BRI Liga 1 2021-2022, performa Wander Luiz mengalami penurunan. Sehingga ia menuai kritik sebagai penyerang asing di kubu Persib.

Alhasil di bursa transfer kedua Liga 1, Persib memilih mendatangkan David Da Silva dan melepas Wander Luiz serta Geoffrey Castillion.

Usai dilepas Persib, PSS Sleman pun datang untuk menjemput Wander Luiz, di mana ia direkrut per Desember 2021 dengan durasi kontrak yang tak diketahui.

Sejauh ini bersama PSS Sleman, Wander Luiz telah tampil sebanyak sembilan kali dengan sumbangsih tiga gol bagi Super Elang Jawa.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Load More