Husna Rahmayunita
Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia satu grup dengan tuan rumah Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023 berdasarkan hasil drawing yang diumumkan Kamis (24/2/2022).

Selain Kuwait, Timnas Indonesia satu grup dengan Yordania dan Nepal. Keempat tim menempat Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Secara statistik, Kuwait lebih unggul dibandingkan Skuad Garuda. Kuwait kini menempati ranking 143, sedangkan Indonesia bertengger di urutan 160.

Baca Juga:
Pecundangi Laos, Thailand Meluncur ke Final Piala AFF U-23 2022

Pertemuan Timnas Indonesia dan Kuwait juga tak dihiasi catatan mentereng. Skuad Garuda hanya menang sekali lawan negara Asia Timur tersebut dari enam pertemuan.

Itu pun terjadi lebih dari empat dasawarsa silam. Saat itu, Indonesia mengalahkan Kuwait 2-1 dalam ajang Piala Merdeka 1980 Malaysia.

Ini bakal menjadi kali kedua Indonesia berada dalam satu grup dengan Kuwait setelah kualifikasi Piala Asia 2011. Saat itu Indonesia sekali kalah dan lainnya imbang.

Baca Juga:
Duel Hidup Mati Napoli vs Barcelona, Xavi Hernandez Sebut Pertandingan Bakal Sulit

Sejarah mencatatkan sejatinya di dua laga itu Timnas Indonesia selalu bisa memimpin lebih dulu, tetapi berakhir tak memuaskan.

Dalam pertemuan pertama di Kuwait, Bambang Pamungkas membawa Indonesia unggul sebelum Bader Al-Mutawa menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti.

Bader Al-Mutawa pun kembali mencetak gol tiga menit menjelang bubaran demi membantu tuan rumah Kuwait menang 2-1.

Baca Juga:
Negaranya Diserang Rusia, Legenda AC Milan: Harus Bersatu, Kita akan Menang!

Sementara itu, di perjumpaan kedua Timnas Indonesia yang menjadi tuan rumah harus puas dengan hasil imbang lawan Kuwait.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno,Budi Sudarsono membuka keunggulan Indonesia dalam tambahan waktu babak pertama.

Tapi tak berselang lama, Ahmad Ajab berhasil menyamakan kedudukan. Skor imbang 1-1 untuk Indonesia vs Kuwait, demikian dimuat Antara.

Baca Juga:
Doa Pemain Ukraina Milik Persipura untuk Negaranya yang Dibombardir Rusia

Load More