Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Bolatimes.com - Daftar pemain keturunan yang ingin membela Timnas Indonesia kembali bertambah. Kali ini Shayne Pattynama yang mengutarakan keinginannya membela 'Merah Putih'. 

Keinginan Shayne juga sudah dikonfirmasi oleh anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, melalui unggahan di Instagram pribadinya.

Melihat perjalanan kariernya, Shayne punya pengalaman mentas di divisi kedua Liga Belanda, Eerste Divisie, bersama Jong Utrecht dan Telstar.

Baca Juga:
Bantah Diundang Uji Coba Lawan Timnas Indonesia, Suriname Punya Rival Lain

Pengalamannya di kompetisi itu cukup mumpuni dengan mencatatkan 86 penampilan dengan koleksi 5 gol. Kini, dia sedang membela tim asal Norwegia, Viking FK.

Meski pernah mentas di divisi kedua Liga Belanda, Shayne Pattynama dibayangi dengan rapor buruk beberapa pemain Timnas Indonesia yang pernah mentas di kompetisi tersebut.

Setidaknya ada 6 pemain Indonesia yang pernah berkarier atau masih aktif bermain di Eerste Divisie. Siapa saja mereka?

Baca Juga:
Di Balik Kemenangan atas Brighton, Ada Kegagalan yang Bikin Man United Didenda Ratusan Juta

1. Irfan Bachdim

Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, di Piala AFF 2010. (AFP/Adek Berry)

Pemain Persis Solo ini pernah mentas di Eerste Divisie sebanyak 12 kali. Dia sempat membela beberapa klub Belanda seperti Utrecht dan Haarlem.

Bachdim yang sudah menjalani karier di Timnas Indonesia sejak 2010, punya total 41 caps buat skuad 'Merah Putih' dengan mencetak 12 gol.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Jelang Duel Persebaya vs Arema FC, Derbi Panas Jawa Timur

2. Stefano Lilipaly

Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) menerima operan dibayangi pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemain Timnas Indonesia lainnya yang punya pengalaman main di divisi kedua Liga Belanda adalah Stefano Lilipaly. Dia total memainkan lebih dari 100 laga di kompetisi tersebut.

Dia sempat membela beberapa tim macam Utrecht, Almere City, hingga Telstar. Lilipaly lalu memilih Indonesia sejak 2011 dan punya 24 caps dengan 3 gol.

Baca Juga:
Yanto Basna Pernah Diremehkan, Akhirnya Bisa Moncer di Thailand

3. Ezra Walian

Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian. (Dok. PSSI)

Ezra sempat bermain di Jong Ajaz, almere City hingga RKC Waalwijk. Dia menjalani debut di Timnas Indonesia pada 2017 dan kini punya 9 caps dengan koleksi 3 gol.

4. Sergio van Dijk

Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Van Dijk yang menjadi WNI pada 2010 sempat bermain untuk Groningen, Helmond Sport, hingga Emmen di Eerste Divisie. Namun, dia cuma punya 6 caps buat Timnas Indonesia dengan 1 gol.

5. Jhonny van Beukering

Mantan striker Timnas Indonesia, Jhonny van Beukering. (Instagram/@Jhonnyvanbeukering).

Pada masa emasnya, Van Beukering pernah membela De Graafschap dan Go Ahead Eagles di Eerste Divisie. Dia bahkan sempat main di Eredivisie dengan Feyenoord dan Vitesse. 

Namun, kariernya di Timnas Indonesia tidak panjang karena cuma mencatatkan dua penampilan tanpa mencetak gol.

6. Diego Michiels

Pemain baru Arema FC, Diego Michiels. (Instagram/aremafcofficial)

Diego Michiels tercatat pernah membela Go Ahead Eagles di Eerste Divisie. Dia dinaturalisasi pada 2011 dan cuma punya 3 penampilan dengan Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More