Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022. Roslan RAHMAN / AFP.

Bolatimes.com - Daftar pesepak bola maupun mantan pemain timnas Indonesia yang diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) semakin bertambah seusai Ricky Kambuaya mendapat status serupa.

Kepastian soal status pegawai negeri sipil (PNS) yang diperoleh Ricky Kambuaya itu terjadi saat dia absen bermain pada laga Persebaya Surabaya versus Persiraja Banda Aceh.

Ternyata, Ricky harus absen karena memenuhi panggilan dari Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. Dia mendapat hadiah satu unit mobil dan diangkat menjadi PNS karena performa impresifnya bersama timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020.

Baca Juga:
3 Alasan PSSI Tak akan Hukum Persipura Jayapura Degradasi dari Liga 1

Pengangkatan Ricky Kambuaya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) itu semakin menambah daftar pemain maupun mantan pemain timnas Indonesia yang memiliki status serupa.

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama pemain maupun mantan pemain timnas Indonesia yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

1. Zaenal Arif

Baca Juga:
Singgung Efek Ralf Rangnick, Bruno Fernandes Tepis Isu Perpecahan Man United

Salah satu pemain legendaris Persib Bandung, Zaenal Arif, memilih untuk melanjutkan kariernya sebagai abdi negara alih-alih tetap terjun di dunia sepak bola.

Sebab, selepas gantung sepatu, Zaenal Arif melanjutkan pekerjaannya sebagai PNS yang bertugas di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung.

Salah satu pekerjaan Zaenal Arif di sana ialah melakukan sosialisasi pajak kepada masyarakat umum. 

Baca Juga:
PSSI Dekati Pemain Keturunan Lain setelah Shayne Pattynama, dari Premier League?

2. Ilham Jaya Kesuma

Mantan penyerang andalan timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, juga memiliki status sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Pencetak gol terbanyak gelaran Piala Tiger 2004 itu kini bertugas di Dinas Cipta Karya di Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Atletico Madrid vs Manchester United, Benfica vs Ajax

3. Okto Maniani

Mantan pemain timnas Indonesia lainnya yang juga menjadi pegawai negeri sipil (PNS) ialah Okto Maniani.

Pemain yang bersinar pada ajang Piala AFF 2010 itu sudah diangkat menjadi PNS Sejak tahun 2016.

Saat itu, Okto sempat mengundurkan diri sebagai pemain Persiba Balikpapan karena menjadi pelayan negara di wilayah Raja Ampat, Papua.

4. Ricardo Salampessy

Pesepak bola asal Papua lainnya yang juga mendapatkan status sebagai PNS ialah Ricardo Salampessy. Saat ini, dia masih aktif bermain untuk Persipura Jayapura.

Pemain bertahan yang sempat jadi andalan timnas Indonesia ini kabarnya bertugas di bawah Pemerintah Kota Jayapura, tepatnya di Dinas Pemuda dan Olahraga.

5. Boaz Solossa

Selain Ricardo Salampessy, pemain asal Papua yang masih aktif bermain sampai saat ini dan juga menyandang status sebagai pegawai negeri sipil (PNS) ialah Boaz Solossa.

Mantan kapten Persipura Jayapura itu sudah diangkat sebagai PNS sejak lulus dari Universitas Cenderawasih (Uncen) pada tahun 2013.

Saat ini, pemain legendaris di timnas Indonesia itu bekerja di bawah naungan Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More