Rauhanda Riyantama
Aksi David Da Silva saat Persib Bandung kalahkan PSM Makassar 2-0 di Liga 1 2021. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Menarik untuk dibahas terkait para pencetak gol tercepat di Liga Indonesia. Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan setelah striker Persib Bandung, David da Silva cuma butuh waktu 12 detik untuk bikin gol.

Momen bersejarah terjadi saat PSM Makassar berhadapan dengan Persib Bandung dalam laga tunda pekan ke-22 Liga 1 2021, Selasa (22/02/22). Dalam laga di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, skuat Maung Bandung berhasil meraih kemenangan 2-0.

Uniknya, dua gol kemenangan ini dicetak lewat proses gol cepat dan gol telat yang masing-masing dicetak oleh David Da Silva dan Zalnando.

Baca Juga:
Momen David da Silva Cetak Gol Tercepat di Era Liga 1, Cuma Butuh Waktu 12 Detik

David Da Silva berhasil mencetak gol cepat di menit pertama pertandingan, tepatnya di detik ke-12 dengan sontekan terukur memanfaatkan umpan terobosan Frets Butuan.

Gol cepatnya ke gawang PSM itu menciptakan sejarah, di mana David Da Silva pun sah tercatat sebagai pencetak gol tercepat di era Liga 1.

Aksi striker Persib Bandung, David da Silva saat bobol gawang PSM Makassar di LIga 1 2021. (Dok. Persib)

Setelahnya, Persib pun mencoba menggandakan keunggulannya atas PSM. Namun, gol kedua yang ditunggu-tunggu itu baru datang dua menit jelang waktu normal berakhir lewat sontekan Zalnando.

Baca Juga:
Efek Malaysia Kalah Memalukan dari Laos, FAM Disindir Habis-habisan

Zalnando yang saat itu baru masuk, mampu mencetak gol memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Bruno Cantanhede yang mampu dihalau kiper PSM, Syaiful Syamsuddin.

Gol cepat David Da Silva dan gol telat Zalnando pun tak pelak menutup laga ini dan memberikan tiga poin berharga bagi Persib yang tengah bersaing memperebutkan gelar Liga 1.

Sebagai informasi, gol David Da Silva boleh jadi tercatat sebagai gol tercepat dalam sejarah di era Liga 1. Meski begitu, golnya itu ternyata masih kalah cepat dari rekor yang dipegang oleh eks penyerang Persija Jakarta, Pedro Javier.

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Piala AFF U-23, Timor Leste dan Laos Berpotensi Jumpa di Final

Pedro Javier masih tercatat sebagai pencetak gol tercepat di kompetisi sepak bola Tanah Air, setelah mencetak gol di detik ke-9.

Gol yang dicetak Pedro Javier ini terjadi di era Indonesia Super League (ISL) 2012, saat Persija Jakarta berhadapan dengan PSAP Sigli pada 18 April 2012.

Hingga saat ini, belum ada yang mampu memecahkan rekor gol Pedro Javier sebagai yang tercepat di sepak bola Indonesia.

Baca Juga:
Dukung Shayne Pattynama Bela Timnas Indonesia, Viking FK Langsung Promosi

Adapun gol David Da Silva ke gawang PSM sendiri menjadi gol tercepat sepanjang sejarah Persib, menyingkirkan gol dari cepat Hilton Moreira saat mencetak gol di detik ke-25 pada 2008 silam.

Load More