Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. ANTARA/HO-PSSI

Bolatimes.com - Pencarian pemain keturunan untuk dinaturaliasi membela Timnas Indonesia belum berakhir. Shin Tae-yong meminta bantuan PSSI.

Baru dua rekomendasi Shin Tae-yong yang bersedia menjadi WNI, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sedangkan Mees Hilgers dan Kevin Diks batal karena terbentur restu orangtua.

Teranyar, Tijjani Reijnders menolak untuk dinaturalisasi karena belum berminat bergabung dengan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Dibungkam Laos di Piala AFF U-23, Malaysia Diminta 'Balas Dendam'

Meski begitu, perburuan Shin Tae-yong belum berakhir. Sang pelatih Timnas Indonesia meminta tolong ke PSSI.

"Shin sempat bilang, tolong pak Hasani rekomendasi juga kalau ada pemain-pemain keturunan kita yang ada di Eropa," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani ketika dihubungi oleh awak media, Sabtu (19/2/2022).

"Oh iya saya bilang, nanti kita akan sama-sama sharing. Buat saya sekarang terbuka, jadi saya bisa direct sama dia," jelas Hasani.

Baca Juga:
Rekrut Pratama Arhan, Dirtek Tokyo Verdy Mengaku Penasaran dengan Pemain Indonesia

Hasani menerangkan kalau Shin Tae-yong tidak mau asal-asalan merekrut pemain berdarah Indonesia di luar negeri. Salah satu syarat utamanya adalah kualitas yang dimiliki harus berada di atas kemampuan pemain lokal.

“Dia mau pemain itu levelnya di atas pemain Indonesia. Saya bilang, saya juga sepakat dengan pemikirannya dia. Kalau dia rekomendasi pemain asal-asalan, saya tidak setuju,” jelas Hasani.

“Persepsi-persepsi itu kan mesti kami luruskan. Karena ternyata kalau menurut dia urusan naturalisasi sudah lama prosesnya, bukan kemarin. Saya bilang saya tidak tahu karena saya baru terlibat,” pungkasnya.

Baca Juga:
Jelang Arsenal vs Brentford, Mikel Arteta Antusias Lihat Aksi Christian Eriksen

Load More