Husna Rahmayunita
Pratama Arhan resmi gabung Tokyo Verdy. (Twitter?@tokyoverdystaff)

Bolatimes.com - Perlahan terkuak alasan klub kasta kedua Liga Jepang (J2 League), Tokyo Verdy merekrut bek kiri Timnas Indonesia Pratama Arhan.

Tokyo Verdy menggemparkan pencinta sepak bola selepas mengumumkan Pratama Arhan sebagai pemain baru pada Rabu (16/2/2022).

Seketika nama Pratama Arhan dan Tokyo Verdy menjadi perbincangan. Maklum saja, sudah lama rumor Arhan akan berkarier di luar negeri berhembus.

Baca Juga:
Jelang Arsenal vs Brentford, Mikel Arteta Antusias Lihat Aksi Christian Eriksen

Direktur Teknik Tokyo Verdy, Kentaro Tsuboi lantas mengungkap alasan klub mendatangkan Pratama Arhan.

Rupanya, ini tak lepas pandangan petinggi klub terkait potensi Indonesia. Secara pribadi, ia mengaku penasaran dengan bakat pesepak bola dari Negeri Seribu Pulau.

"Berawal dari melihat potensi Indonesia sebagi negara dan perkembangan ekonominya ke depan. Saya sangat tertarik dengan seperti apa kira-kira pemain Indonesia sekarang ya," ujarnya seperti dikutip dari laman YouTube, J-League International, Sabtu (19/2).

Baca Juga:
Permalukan Malaysia di Piala AFF U-23, Laos Gemparkan Negara Tetangga

Pemain PSIS Semarang Pratama Arhan tanda tangan kontra dengan Tokyo Verdy ditemani oleh agennya Dusan Buganovic. (Instagram)

Pratama Arhan sendiri merupakan pemain pertama dari Asia Tenggara yang direkrut ole h Tokyo Verdy. Bergabunya Arhan ke klub Jepang, dinilai keputusan tepat.

Menurut Kentaro, Tokyo Verdy cocok dijadikan wadah pemain untuk mengembangkan skill sepak bola. Banyak pemain top, jebolan dari juara pertama J-League tersebut.

"Jika dilihat dari generasi kami, bagaimanapun Verdy adalah klub terbesar saat J-League dimulai. Kumpulan pemain bintang yang selalu menghasilkan pemain timnas. Bagaimanapun ini klub yang hebat," sambugnya.

Baca Juga:
Meme-meme Kocak Usai Timnas Malaysia U-23 Dipermalukan Laos

Baginya  Liga Jepang, tepat dijadikan kiblat sepak bola Asia karena sistem kompetisi yang oke, sehingga bisa menghasilkan pemain berkelas. Ia berkaca pada kompetisi sepak bola di Eropa. 

"Saya rasa dengan banyak pemain ASEAN yang bermain di J League, dapat menjadi pemicu untuk peningkatan level seluruh Asia,"

"Seperti Premier League Inggris, Spanyol, atau Liga besar di Eropa. Pemain bagus akan berkumpul disana, bukankah imagenya akan seperti itu," pungkas Kentaro.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Crystal Palace vs Chelsea, Man City vs Tottenham

Sementara itu, Pratama Arhan dikontrak oleh Tokyo Verdy selama dua tahun. Ia didatangkan dari PSIS Semarang secara gratis.

Pemain berusia 20 tahun tersebut dikabarkan masih menyelesaikan adminstrasi untuk kepindahannya ke Jepang.

Load More