Rauhanda Riyantama
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pratama Arhan menambah daftar pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Pemain berusia 20 tahun itu resmi dilepas PSIS Semarang ke klub J2 League, Tokyo Verdy.

Disebutkan bahwa kepindahan ini dengan status bebas transfer dan sang bek kiri dikabarkan mengikat kontrak dengan klub ibu kota Jepang itu selama 2 tahun.

Ini jelas merupakan hal positif buat masa depan sepak bola Indonesia karena para pemain mudanya punya pengalaman berkarier di luar negeri.

Baca Juga:
Ulah Legenda Juventus, Terlalu Vulgar Umbar Pose Istri di Instagram

Sepak bola Jepang sendiri saat ini menjadi sepak bola paling maju di Asia sehingga akan menambah kualitas permainan Pratama Arhan. Terlebih, Arhan bakal satu tim dengan sederet pemain Timnas Jepang.

Setidaknya ada 4 pemain Timnas Jepang yang kini membela Tokyo Verdy sehingga akan menjadi kesempatan buat Arhan menimba ilmu. Lantas, siapa saja para pemain itu?

1. Seiya Baba

Baca Juga:
Julian Negelsmann Bongkar Penyebab Bayern Munich Gagal Kalahkan RB Salzburg

Pemain Timnas Jepang pertama yang bakal menjadi rekan satu tim Pratama Arhan di Tokyo Verdy adalah Seiya Baba. Bek berusia 20 tahun ini merupakan penggawa Timnas Jepang U-23.

Debutnya di level U-23 hadir pada 28 Oktober saat Jepang U-23 menghadapi Hong Kong U-23 pada Kualifikasi Piala Asia U-23.

Selain timnas U-23, Baba juga pernah membela Timnas Jepang U-17 dan ikut bermain di Piala Dunia U-17. Dia juga sempat bermain di timnas U-18 Jepang.

Baca Juga:
4 Kelebihan Pratama Arhan yang Bikin Tokyo Verdy Makin Kuat

2. Maaya Sako

Masih di posisi bek tengah, rekan satu tim Arhan yang juga pemain Timnas Jepang adalah Maaya Sako. Bek berusia 19 tahun ini merupakan jebolan Tokyo Verdy U-18.

Sama seperti Seiya Baba, Sako juga menjalani debut di Timnas U-23 Jepang pada Kualifikasi Piala Asia U-23 tahun lalu.

Baca Juga:
Brylian Aldama, Eks Timnas Indonesia U-19 Dilepas Klub Kroasia HNK Rijeka

3. Rihito Yamamoto

Rekan Pratama Arhan berikutnya yang merupakan pemain timnas Jepang adalah Rihito Yamamoto. Gelandang bertahan berusia 20 tahun ini juga jebolan tim junior Tokyo Verdy.

Yamamoto sudah membela timnas Jepang sejak U-16 dan Jepang U-23. Namun, Yamamoto tercatat belum pernah tampil dalam kompetisi resmi selain laga persahabatan.

4. Taiga Ishiura

Masih jebolan dari akademi Tokyo Verdy, pemain berikutnya yang juga pemain Timnas Jepang adalah Taiga Ishiura.Di usianya yang masih 20 tahun, Ishiura bahkan jadi andalan lini tengah Tokyo Verdy di musim lalu.

Tercatat Ishiura memiliki satu caps dengan Timnas Jepang U-18. Dia turun pada laga persahabatan melawan Norwegia U-18 pada tahun 2019 lalu.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More