Rauhanda Riyantama
Pratama Arhan resmi gabung Tokyo Verdy. (Twitter?@tokyoverdystaff)

Bolatimes.com - Kehadiran Pratama Arhan di Tokyo Verdy menghadirkan efek instan buat klub yang bermarkas di ibu kota Jepang tersebut.

Mulai dari ludesnya penjualan jersey Tokyo Verdy hingga meningkatkan jumlah pengikut mereka di media sosial, khususnya Instagram.

Meski Tokyo Verdy kini bermain di divisi kedua Liga Jepang (J2 League), jumlah followers mereka di IG kini menjadi salah satu yang terbanyak di antara klub-klub Jepang.

Baca Juga:
Ada Perubahan, Berikut Jadwal Terbaru Pertandingan Persija Jakarta di Liga 1

Kepopuleran yang meningkat ini tidak dipungkiri lagi berkat transfer Pratama Arhan dari PSIS Semarang. Hal serupa juga terjadi pada Ansan Greeners, tim K2 League Korea Selatan, saat merekrut Asnawi Mangkualam.

Lantas, klub Jepang mana saja yang punya pengikut Instagram terbanyak? Berikut ulasannya.

1. Urawa Red Diamonds

Baca Juga:
Kejutan, Ronaldo Cetak Gol Pertama ke Kiper yang Pernah Berkarier di Indonesia

Daftar klub Jepang dengan followers IG terbanyak dimulai dengan salah satu raksasa J1 League saat ini, Urawa Red Diamonds. Klub yang sudah berdiri sejak 1950 ini punya 126 ribu pengikut di Instagram.

Kepopuleran Urawa Red semakin dikenal setelah menjuarai Liga Champions Asia pada 2007 dan 2017 silam. Gelar teranyar yang diperoleh oleh Urawa Red adalah Emperor Cup 2021.

2. Kashima Antlers

Baca Juga:
Wayne Rooney Bagikan Momen Ultah Sang Anak, Awas Salfok ke Lukisan

Daftar klub Jepang dengan jumlah followers IG terbanyak berikutnya adalah Kashima Antlers. Mereka total memiliki 155 ribu pengikut di Instagram.

Sudah berdiri sejak 1947, Kashima Antlers punya sejarah panjang di sepak bola Jepang. Mereka mengoleksi 8 gelar juara J1 League, 1 title Liga Champions Asia, dan pernah menjadi runner-up Piala Dunia Antarklub pada 2016.

3. Kawasaki Frontale

Baca Juga:
Nahas, Eks Bintang Timnas Zimbabwe Ditembak Mati saat Jadi Sopir Taksi Online

Klub Jepang berikutnya yang punya followers terbanyak adalah juara bertahan J1 League musim lalu, yaitu Kawasaki Frontale. Kepopuleran Kawasaki Frontale juga semakin menanjak setelah mendatangkan pemain Thailand, Chanathip Songkrasin.

Kini, sang juara bertahan dalam dua musim terakhir itu punya 159 ribu followers di Instagram mereka.

4. Tokyo Verdy

Tokyo Verdy menjadi satu-satunya tim J2 League yang berada di lima besar tim-tim Jepang dengan jumlah followers terbanyak di IG.

Dari 51.2K sebelum pengumuman transfer Arhan, jumlah itu meningkat menjadi 174K pengikut hanya sekitar 6 jam setelah munculnya pengumuman transfer. Bahkan tercatat hingga pagi hari, Kamis (17/2), jumlah pengikut Tokyo Verdy sudah menembus angka 230K. 

5. Vissel Kobe

Klub Jepang dengan jumlah pengikut terbanyak saat ini dipegang oleh Vissel Kobe dengan jumlah followers 279 ribu pengikut.

Kepopuleran Vissel Kobe didapatkan setelah mendatangkan beberapa pemain bintang dunia seperti David Villa, Lukas Podolski, dan kini diperkuat oleh Andres Iniesta, dan Bojan Krkic.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More