Irwan Febri Rialdi
Bek kiri Tokyo Verdy, Tatsuya Yamaguchi. (Instagram/@_tatsuya.des)

Bolatimes.com - Seusai resmi bergabung dengan klub Liga Jepang, Tokyo Verdy, Pratama Arhan akan menghadapi saingan berat untuk mendapat tempat utama sebagai bek kiri, salah satunya dengan Tatsuya Yamaguchi.

Tatsuya Yamaguchi merupakan salah satu pemain yang bakal jadi ‘rival’ Pratama Arhan untuk memperebutkan tempat utama di sektor bek kiri Tokyo Verdy.

Sebetulnya, ada beberapa bek kiri lainnya yang dimiliki Tokyo Verdy yang juga bersaing dengan Pratama Arhan. Namun, Tatsuya Yamaguchi jadi salah satu rival yang berat.

Baca Juga:
Pratama Arhan Hijrah ke Negaranya, Bomber Persebaya Colek Marselino

Selain Tatsuya Yamaguchi, pemain yang juga memiliki posisi serupa ialah Yuta Narawa. Namun pemain yang disebut terakhir sudah berusia cukup tua, yakni 34 tahun.

Selain usianya yang telah memasuki masa senja, Yuta Narawa diprediksi tak akan menjadi pesaing ketat bagi Pratama Arhan di sektor bek kiri.

Sebab, pada musim lalu saja, Yuta hanya mampu mencatatkan lima penampilan bersama Tokyo Verdy di J2 League 2021.

Baca Juga:
Tidak Mudah, 3 Beban Berat Pratama Arhan Usai Gabung Klub Jepang Tokyo Verdy

Oleh sebab itu, satu-satunya pesaing ketat yang akan menjadi kompetitor Arhan untuk mendapatkan menit bermain ialah Tatsuya Yamaguchi. Lantas, siapa Tatsuya Yamaguchi? Simak profilnya berikut ini.

Profil Tatsuya Yamaguchi

Tatsuya Yamaguchi sebetulnya juga berstatus sebagai pemain anyar yang dimiliki oleh Tokyo Verdy. Sebab, bek kiri berusia 22 tahun itu baru direkrut pada 9 Januari 2021.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF U-23 Kamis 17 Februari 2022: Big Match Filipina vs Kamboja

Sebelum bermain bersama Tokyo Verdy, Tatsuya Yamaguchi berstatus sebagai pemain Gamba Osaka, klub kasta tertinggi yang berkompetisi di J1 League.

Namun demikian, Tatsuya belum pernah mendapat satu kesempatan dari Gamba Osaka untuk mencatatkan debut di J1 League.

Satu-satunya pertandingan yang dicatat Tatsuya bersama tim utama Gamba Osaka ialah saat menjadi pemain pengganti pada ajang J League Cup 2020.

Baca Juga:
Idola Gabung Klub Jepang, Legenda Singapura Beri Jempol untuk Pratama Arhan

Pasalnya, sebagian besar waktunya hanya dihabiskan bermain bersama klub Gamba Osaka Reserves, klub cadangan yang berkompetisi di kasta ketiga alias J3 League.

Bersama klub ini, Tatsuya sudah bermain selama tiga musim, yakni mulai 2018 hingga 2020. Catatan penampilannya pun cukup apik.

Sebab, dari total tiga musimnya di J3 League bersama Gamba Osaka Reserves, dia telah mencatatkan 92 penampilan. Artinya, ia mendapatkan menit bermain yang cukup reguler.

Gamba Osaka merekrut Tatsuya dari klub universitas di Jepang, yakni Tokai University Sagamihara HS. Bersama klub yang disebut

Sementara itu, karier Tatsuya Yamaguchi bersama Tokyo Verdy sudah dimulai sejak musim 2021. Debutnya tercatat pada 7 Maret 2021 saat menghadapi Monte Yamagata.

Saat itu, dia bermain sebagai pemain pengganti dan hanya mencatatkan enam menit penampilan. Sayangnya, Tokyo Verdy saat itu ditekuk dua gol tanpa balas oleh Monte Yamagata.

Sepanjang musim 2020/2021, pemain berusia 22 tahun ini mencatatkan 15 penampilan bersama Tokyo Verdy. Dari seluruh aksinya itu, ia turut menyumbang tiga assist.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More