Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Bek kiri Timnas Indonesia sekaligus PSIS SemarangPratama Arhan, resmi merantau ke Jepang. Dia akan memperkuat klub kasta kedua Tokyo Verdy.

Kepastian kepindahan Pratama Arhan ke Tokyo Verdy diumumkan secara resmi di akun Twitter resmi klub.

"Kami dengan senang memberi tahu jika Arhan, yang sebelumnya bergabung di PSIS Semarang di Indonesia, telah memutuskan bergabung dengan Tokyo Verdy dengan transfer penuh," cuit akun @TokyoVerdySTAFF.

Baca Juga:
3 Publik Figur yang Jadi Pendukung Tokyo Verdy, Ada Eks Idol SKE48

Nantinya, Pratama Arhan berpeluang akan menjajal kekuatan dari sejumlah talenta terbaik yang main di J-League 2.

Bukan tidak mungkin malah Pratama Arhan bisa saja bertarung dengan tiga pemain keturunan Indonesia yang saat ini bermain di Liga Jepang.

Ya, saat ini tercatat ada tiga pemain keturunan Indonesia di Liga Jepang, 2 pemain bermain di kasta ketiga dan satu pemain bermain di J-League.

Baca Juga:
BATC 2022: Indonesia akan Turunkan Formasi Terbaik Lawan Korea Selatan

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya

Ryu Nugraha

Nama pertama ialah kiper dari klub Nagano Parceiro, Ryu Nugraha. Selama membela klub kasta ketiga liga Jepang itu, Ryu telah bermain sebanyak 11 pertandingan.

Baca Juga:
Borneo FC Tahan Imbang Bhayangkara FC, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Bukan tidak mungkin Ryu dan Pratama akan saling bertemu, utamanya saat perhelatan Piala Kaisar.

Sekedar informasi, Piala Kaisar merupakan salah satu kompetisi di Liga Jepang yang mempertemukan klub di J1, J2, J3 hingga klub amatir. Bahkan sejumlah klub dari universitas dan sekolah di Jepang juga berpartisipasi di kompetisi ini.

Riki Matsuda

Baca Juga:
Pratama Arhan Gabung Tokyo Verdy, Ketum PSSI: Saya Yakin Kamu Bisa Sukses di Jepang

Selanjutnya ada nama penyerang dari klub Ehime FC, Riki Matsuda. Riki ialah salah satu pemain keturunan Indonesia yang beberapa waktu lalu sempat jadi sorotan publik tanah air.

Sebelum membela Ehime FC, Riki merupakan pemain di klub Cerezo Osaka. Pemain yang berusia 30 tahun ini total telah mengoleksi 41 gol dari 270 pertandingan di seluruh kompeitisi Liga Jepang.

Riku Matsuda

Terakhir ada kembaran dari Riki Matsuda, Riku Matsuda. Jika Riki bermain di kompetisi kasta ketiga, maka Riku ialah pemain dari klub kasta tertinggi di Liga Jepang, Cerezo Osaka.

Posisi Riku sama dengan Pratama Arhan yakni full back. Riku merupakan full back kanan dan juga bisa ditempatkan sebagai gelandang sayap. Total ia telah melakoni 263 pertandingan di seluruh kompetisi Liga Jepang.

(Suara.com/Galih Prasetya)

Load More