Husna Rahmayunita
Pemain Indonesia Alfeandra Dewangga Santosa (kiri) berebut bola dengan Supachai Chaided dari Thailand pada pertandingan leg pertama final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Indonesia dan Thailand di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021). [ROSLAN RAHMAN / AFP]

Bolatimes.com - Pemain Indonesia perlahan-lahan mulai banyak yang berkarier di luar negeri. Termutakhir, Pratama Arhan resmi bergabung dengan Tokyo Verdy.

Itu artinya Pratama Arhan menyusul rekan-rekannya dari Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam.

Menjadi menarik siapa yang akan menyusul Arhan? Berikut Bolatimes sudah merangkum 3 nama yang berpotensi menyusulnya.

Baca Juga:
Sederet Prestasi Tokyo Verdy, Klub Baru Pratama Arhan di Jepang

1. Alfeandra Dewangga

Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga, sumbangkan assist keren. (Instagram/alfeandradewangga)

Alfeandra Dewangga adalah rekan Arhan di PSIS Semarang. Nama Dewa juga belakangan akan segera bertolak ke luar negeri lantaran banyak klub yang meminatinya.

Untuk mentasnya Dewa ke luar negeri, pemain 20 tahun ini bisa bermain di beberapa posisi. Sebut saja bek kiri, bek tengah, dan gelandang bertahan.

Baca Juga:
Profil Neil Warnock, Pelatih yang Sebut Cesar Azpilicueta Cuma Modal Hoki

2. Ricky Kambuaya

Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022. Roslan RAHMAN / AFP.

Usia yang baru menginjak 25 tahun membuat Ricky Kambuaya dirasa pas untuk bertolak ke luar negeri. Pengalaman di level klub di Indonesia sudah membuktikan kapasitas pemain Persebaya ini.

Selain itu, Ricky Kambuaya juga punya atribut lengkap. Dibekali penguasaan bola yang baik, visi yang ciamik, serta finishing yang mumpuni jadi modal Ricky untuk terbang ke luar negeri.

Baca Juga:
Aturan Ketat Piala AFF U-23 2022 usai Timnas Indonesia dan Myanmar Mundur

3. Marselino Ferdinan

Aksi Marselino Ferdinan bersama Timnas Indonesia U-23 saat behadapan dengan Australia di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. (Dok. PSSI)

Bisa dibilang, keberangkatan Marselino Ferdinan ke luar negeri hanya menunggu waktu. Sebab, skill olah bola pemain 17 tahun asal Persebaya ini memang sudah di atas rata-rata anak seusianya.

Marselinon Ferdinan juga sudah mengecap caps tim senior Persebaya lebih dari 15 kali. Ferdinan juga sudah mentas di Timnas Indonesia Senior.

Baca Juga:
Efek Pratama Arhan, Follower Tokyo Verdy Meningkat Drastis

Hal yang dibutuhkan Marselino Ferdinan hanyalah waktu. Sebab, sesuai aturan FIFA, pemain yang sudah berusia 18 tahun baru bisa dikontrak profesional oleh suatu klub di Asia atau Eropa.

Load More