Husna Rahmayunita
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. [Foto: instagram @novarianto30]

Bolatimes.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto buka suara terkait timnya yang mundur dari kejuaraan Piala AFF U-23 di Kamboja.

Nova Arianto menerangkan kronologi pembatalan keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 dalam ajang tersebut.

Melalui akun Instagram pribadinya, asisten Shin Tae-yong tersebut menjelaskan alasan di balik keputusan mundur berdasarkan banyak pertimbangan.

Baca Juga:
Resmi, Timnas Indonesia U-23 Batal Tampil di Piala AFF U-23 2022 di Kamboja

"Banyak pertimbangan dalam mengambil keputusan ini dan akhirnya coaching staff memutuskan Timnas u23 menarik diri dari Piala AFF U23 di Kamboja," tulisnya seperti dikutip Jumat (11/2/2022).

Ia menerangkan, kondisi timnas yang pincang menjadi penyebab utama. Sejumlah penggawa Timnas Indonesia dan ofisial dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR, Kamis (10/2).

Total ada tujuh pemain dan dua ofisial Timnas Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga mesti menjalani karantina. Selain itu, tiga pemain mengalami cedera yang mana membutuhkan waktu untuk pemulihan.

Baca Juga:
Hasil Coppa Italia: Juventus Ditantang Duel Fiorentina di Semifinal

Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)

"Untuk saat ini Tim Nasional U-23 tidak meiliki opsi lagi untuk pemain di posisi kiper, winger dan striker karena rata-rata, yang terpapar dan cedera adalah pemain di posisi tersebut," sambungnya.

Dengan mundurnya Timnas Indonesia U-23 dari Piala AFF U-23 2022, Nova Arianto pun menyampaikan permohoan maaf kepada publik dan pihak terkait. Ia memohon dukungan untuk pemulihan kondisi Skuad Garuda Muda.

"Kami minta maaf dengan keputusan yang diambil ini dan Mohon doanya dari masyarakat semua untuk kesembuhan semua anghota Tim Nasional baik pemain dan staff Tim Nasional sehingga semuanya bisa beraktifitas normal kembali," pungkasnya.

Baca Juga:
Jelang Piala AFF U-23 2022, Shin Tae-yong Merasa Tidak Enak Badan

Timnas Indonesia yang menyandang gelar juara bertahan sedianya dijadwalkan terbang ke Kamboja, hari ini Jumat (11/2/2022) untuk mengikuti Piala AFF U-23 pada 14-26 Februari 2022.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Laos, Myanmar dan Malaysia. Persiapan telah dilakukan, namun Skuad Garuda Muda gagal tampil di Piala AFF U-23 tahun ini.

Baca Juga:
Ketum PSSI Sebut Mees Hilgers dan Kevin Diks Tak dapat Restu Orangtua

Load More