Husna Rahmayunita
Penyerang sayap Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh (kiri) dihadang pemain Timnas Timor Leste pada pertandingan FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Bolatimes.com - Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-23 dinyatakan positif Covid-19. Ini menjadi salah satu alasan Skuad Garuda Muda batal ikut Piala AFF U-23 2022.

Setidaknya ada tujuh pemain yang positif Covid-19, di antaranya Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Adapun empat pemain Timnas Indonesia U-23 saat ini menunggu masa inkubasi lantaran sekamar dengan satu pemain yang positif Covid-19.

Baca Juga:
Hasil Coppa Italia: Juventus Ditantang Duel Fiorentina di Semifinal

Selain itu, beberapa pemain juga mengalami cedera sekembalinya membela klub masing-masing di Liga 1. Mereka adala Ramai Rumakiek, Gunansar Mandowen, dan Muhammad Iqbal.

Kondisi itu membuat skuad timnas Indonesia U-23 pincang. Mereka cuma memiliki satu orang kiper, yakni Muhammad Riyandi.

Atas kondisi tersebut, juru taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengusulkan pembatalan keikutsertaan di Piala AFF U-23 2022 dengan berkirim surat ke PSSI.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris: Liverpool Bantai Leicester City, Arsenal Menang Tipis

Setelah dilakukan diskusi oleh PSSI dan pihak terkait, diputuskan Timnas Indonesia U-23 batal mengikuti Piala AFF U-23 yang akan digelar di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang.

Kabar batalnya timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022 disampaikan sekertaris jenderal (sekjen) PSSI, Yunus Nusi melalui laman resmi federasi pada Jumat (11/2/2022) pagi WIB.

"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas," kata Yunus Nusi dalam laman PSSI.

Baca Juga:
Dua Calon Lolos, Syarat Naturalisasi Timnas Indonesia Menurut Shin Tae-yong

"Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera," imbuhnya.

Dengan demikian Indonesia gagal mempertahankan gelar kampiun. Sebelumnya, Timnas Indonesia menyabet gelar juara Piala AFF U-22 pada 2019.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Baca Juga:
Hasil Pertemuan PSSI dan Menpora: Dua Oke, Mees dan Kevun Diks Belum

Load More